7 Tips Cara Kerja di Jepang – Syarat & Budaya

Tips cara kerja di Jepang – Sedikitnya lowongan pekerjaan di negara Indonesia, memaksa orang untuk mengadu nasib di negara lain seperti pekerjaan di jepang. Cara kerja di luar negeri sebagai TKW sejak dahulu sudah banyak dilakukan oleh Masyarakat Indonesia. Salah satunya cara kerja di Jepang yang terkenal menjanjikan.

Bahkan, gajinya sangat menggiurkan tentu saja hal ini yang membuat orang semakin berminat. Namun, bekerja di sana tidak semudah dibayangkan. Ada banyak sekali proses yang harus dilalui dan ada beberapa syarat dan budaya kerja di Jepang yang harus Anda ketahui

Tips Cara Kerja di Jepang Dan Syaratnya

Syarat Syarat Cara Kerja di Jepang

Syarat untuk dapat bekerja di Jepang, wajib dipenuhi. Salah satunya berbahasa Jepang dan paham dan bisa membaca huruf Jepang, karena di sana minim yang bisa bahasa Inggris. Berikut ini sudah ada beberapa syarat cara kerja di Jepang yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Pendidikan minimal SMA, lebih baik lulusan D3 atau S1.
  • Memenuhi syarat usia yang ditentukan 18-30 tahun
  • Tinggi badan harus minimal 160 cm untuk pria dan 150 cm untuk wanita
  • Tubuh dalam kondisi bersih, tidak bertato, bertindak dan tidak mempunyai penyakit kulit
  • Tubuh tidak pernah mengalami masalah serius atau masalah pada organ tubuh
  • Surat lamaran atau formulir pendaftaran
  • KTP dan KK
  • SKCK
  • Mempunyai kartu pencari kerja(AK1)
  • Surat keterangan sehat
  • Surat izin dari orang tua
  • Ijazah dan transkrip nilai
  • Pas foto
  • Sertifikat keterampilan

Budaya Cara Kerja di Jepang

Budaya Cara Kerja di Jepang

Selain mengetahui syarat cara kerja di Jepang, ada hal penting lainnya yang tidak boleh terlewatkan, yakni budaya kerjanya. Budaya setiap negara memang berbeda, salah satunya Jepang dengan Indonesia. Berikut ini sudah ada beberapa budaya bekerja di Jepang:

1. Jam Kerja Panjang

Salah satu faktor yang membuat Jepang menjadi negara maju, tipe masyarakatnya suka bekerja keras. Rata-rata jam kerja di negara tersebut, sekitar 1.713 jam/tahun. Apabila dihitung dalam sebulan ada 143 jam.

Jam ini belum dihitung dengan jam lemburnya. Namun jam kerja yang tinggi membuat masyarakatnya rawan terkena stres bahkan memicu kematian. Akan tetapi, karena semangat kerjanya yang tinggi malah membuat mereka pantang untuk pulang kerja lebih awal.

2. Bos Dianggap Sebagai Dewa

Budaya cara kerja di Jepang, selanjutnya bos dianggap sebagai seorang dewa. Oleh karena itu, karyawan disana sangat patuh terhadap perintah atasan. Salah satunya jika lembur tanpa adanya bayaran.

Para pekerja di Jepang akan selalu mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab agar hasilnya memuaskan. Kegagalan merupakan akhir dari masa depan mereka. Prinsip orang Jepang bila gagal lebih baik mengundurkan diri.

3. Disiplin dan Tepat Waktu

Orang Jepang dikenal memiliki karakter yang pekerja keras, tepat waktu serta disiplin. Anda yang ingin bekerja di negara Jepang harus menyesuaikan dengan karakter mereka.

4. Sistem Senioritas Masih Berlaku

Apabila Anda beruntung diterima kerja di negara Jepang, secara otomatis status Anda adalah seorang junior. Di Jepang masih berlaku senioritas, jadi mewajibkan junior untuk hormat dan patuh pada senior. Namun, senior akan selalu mengarahkan dan membimbing junior.

Tips Sukses Cara Bekerja di Jepang

Tips Sukses Cara Bekerja di Jepang

Bagi Anda yang ingin cara kerja di negara Jepang, sebaiknya menyimak tips-tips berikut ini. Hal ini karena cara bekerja di jepang tidak semudah bekerja di Indonesia. Banyak hal yang harus Anda persiapkan agar sukses dan betah berada di sana, yaitu:

5. Menguasai Bahasa Jepang

Syarat utama yang tidak boleh Anda abaikan saat ingin menginginkan pekerjaan di jepang,yaitu menguasai bahasa dan paham tulisan aksara Jepang. Orang Jepang biasanya jarang menggunakan bahasa Inggris, hal inilah yang menyebabkan para pekerja asing wajib menguasai bahasa Jepang.

Sebelum Anda berangkat kerja ke Jepang, sebaiknya mengikuti pelatihan bahasa Jepang lebih dulu. Ada banyak sekali tempat pelatihan yang mempunyai program untuk persiapan kerja.

6. Memahami Budaya dan Adat Negara

Meski sama-sama negara Timur, budaya dan adat antara Indonesia dan Jepang berbeda Jauh. Orang Jepang suka dengan budaya on time, jadi harus Anda ikuti bila ingin sukses kerja di negara Jepang.

Begitu pula dengan adat dan tata krama disana, minimal Anda lebih paham agar tidak melakukan banyak kesalahan saat bergaul dengan orang Jepang. Contohnya saja, kebiasaan membungkukkan badan saat berterima kasih.

7. Harus Tahu Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari

Lowongan pekerjaan di Jepang beragam, namun tidak banyak pekerjaan yang dibuka untuk pekerja luar negeri di Jepang. Terutama untuk pembantu rumah tangga, karena nyaris semua orang bisa melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri.

Pekerjaan untuk pekerja asing biasanya adalah tenaga perawat, pekerja magang, juru masak atau pengajar. Jika Anda tertarik untuk bekerja di Jepang, maka bisa mempertimbangkan beberapa syarat cara kerja di Jepang tersebut.

Komentar