5 APLIKASI PDF READER YANG RINGAN DAN GRATIS!!

5 APLIKASI PDF READER YANG RINGAN DAN GRATIS!!
5 APLIKASI PDF READER YANG RINGAN DAN GRATIS!!

Apa itu PDF?

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. Format file ini sangat populer dikalangan pengguna internet sekarang.

Format file ini menjadi pilihan favorit untuk menyimpan dokumen digital karena dapat dibaca dengan mudah pada berbagai perangkat, termasuk komputer, laptop, tablet, dan ponsel.

Sebenarnya banyak pilihan file format yang mendukung penyimpanan dokumen digital, tetapi PDF ini memiliki banyak kelebihan yang membuat banyak orang menggunakannya.

File PDF juga memiliki fitur keamanan yang memungkinkan Anda untuk mencegah orang lain menyunting atau mengubah dokumen tersebut.

Kelebihan Dari Jenis Format PDF

Ringan, ya aplikasi PDF ini sangat ringan dan bisa digunakan untuk HP, tablet ataupun handphone yang memiliki spek jadul. Dari penggunaan memory, file format ini memiliki beberapa kelebihan :

1. Aplikasi PDF Reader Gratis dan Memiliki Ukuran Kecil

File PDF biasanya lebih kecil dibandingkan dengan file dokumen lain yang menyimpan informasi yang sama. Ini karena PDF menggunakan kompresi data yang efektif untuk mengurangi ukuran file.

Dengan ukuran yang kecil, file format ini bisa dengan gampang di upload ke email ataupun cloud storage dengan cepat dan tidak memakan banyak bandwith.

2. Dapat Dibuka Dihampir Semua Perangkat (Aplikasi Gratis Untuk Laptop/PC)

File PDF dapat dibuka di hampir semua perangkat, termasuk komputer, laptop, tablet, dan ponsel. Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak khusus untuk membuka file PDF, karena sudah tersedia di hampir semua perangkat.

3. Tidak Membutuhkan Sumber Daya yang Banyak

File PDF tidak membutuhkan sumber daya yang banyak untuk dibuka dan dibaca. Ini berarti bahwa file PDF dapat dibuka dan dibaca dengan lancar meskipun perangkat yang Anda gunakan memiliki spesifikasi yang rendah.

Beberapa pilihan yang kami berikan juga memiliki lite version yang lebih ringan dengan ukuran yang lebih kecil.

4. Tidak Mudah Rusak

File PDF tidak mudah rusak seperti file dokumen lain yang tergantung pada perangkat lunak tertentu untuk dibuka dan dibaca. File PDF dapat dibuka dan dibaca dengan lancar meskipun terjadi kerusakan pada perangkat lunak yang digunakan untuk membacanya.

5. Dapat Dicetak Dengan Hasil yang Akurat

File PDF dapat dicetak dengan hasil yang akurat dan sesuai dengan tata letak aslinya. Ini berarti bahwa dokumen yang dicetak akan terlihat sama dengan dokumen aslinya, tidak peduli perangkat yang digunakan untuk mencetaknya.

Rekomendasi Aplikasi PDF Reader Gratis

Berikut adalah beberapa aplikasi PDF Reader yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Aplikasi ini dapat di download dan digunakan secara gratis. Bisa di gunakan untuk Komputer dan juga HP berbasis android ataupun Iphone. Berikut adalah aplikasinya :

1. Adobe Acrobat Reader

pdf reader gratis dan ringan adobe acrobat min 1
adobe acrobat reader

Adobe Acrobat Reader adalah software PDF reader yang paling populer dan umum digunakan. Salah satu pilihan yang bagus jika Anda membutuhkan software PDF reader yang ringan dan mudah digunakan.

Adobe Acrobat Reader menyediakan versi lite yang disebut Adobe Acrobat Reader DC Light. DC adalah kepanjangan dari Document Cloud. Software ini juga tersedia untuk perangkat seluler, seperti smartphone dan tablet.

Software ini ada yang berbayar untuk mendapatkan fitur-fitur extranya, namun sobat bisa mendapatkannya juga dengan free atau gratis tanpa mengurangi fungsi dari aplikasi ini.

2. Foxit Reader

pdf reader gratis dan ringan foxit reader min
foxit reader

Software PDF reader yang satu ini juga merupakan salah satu pilihan terbaik bagi anda. Selain ukurannya yang kecil, software ini juga gratis dan memiliki banyak fitur yang tidak tersedia pada Adobe Acrobat Reader.

Waktu pembukaan filenya cepat, serta tersedia banyak bahasa pilihan sehingga bisa digunakan oleh pengguna dari berbagai negara dengan bahasa yang berbeda.

Versi litenya juga tersedia di appstore/playstore. Jadi jelas software ini bisa digunakan di HP ataupun smartphone anda. Satu lagi kelebihannya yaitu penandaan, annotasi dan scan QR code.

Anda bisa menambahkan QR code kedalam dokumen digital Anda.

3. Sumatera PDF

Aplikasi yang satu ini sudah kami coba pada perangkat Laptop kami, sayangnya aplikasi ini masih tersedia untuk platform PC/Laptop. Belum bisa digunakan untuk perangkat seluler atau HP.

Dengan ukuran 3MB, aplikasi ini termasuk yang tidak memakan space besar. Dan juga tidak tersedia versi litenya, karena ukuran file aslinya sudah kecil, jadi developer merasa tidak perlu untuk membuat versi litenya.

Waktu pembukaan filenya juga tergolong cepat, hampir sama seperti Foxit Reader yang memiliki ukuran file hampir sama yaitu 3MB.

4. Okular

Pada awal munculnya aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Linux. Seiring perkembangannya, aplikasi ini tersedia untuk Windows.

Dan anda dapat mendownloadnya dari microsoft store yang terdapat pada Windows. Okular memiliki ukuran yang kecil, dan tidak memakan resource yang besar.

Okular tidak memiliki terlalu banyak fitur, hanya beberapa fitur biasa yang dibutuhkan untuk membaca PDF. Okular memiliki tampilan yang mudah digunakan sehingga mudah dipahami oleh pengguna baru.

Berminat untuk mencobanya? anda bisa mendapatkan software ini di Microsoft store anda. Namun aplikasi ini belum bisa digunakan untuk perangkat seluler.

5. Javelin Reader

Salah satu software gratis PDF reader ini juga bisa dihandalkan. Ada fitur yang bisa membuka file PDF yang terproteksi dengan password. Namun hal ini belum kami coba.

Aplikasi ini kami sarankan karena memiliki ukuran file yang kecil dan tidak memakan resource yang besar. Namun sayangnya aplikasi ini sementara hanya tersedia untuk windows.

Berikut tabel perbandingan antara kelima software PDF gratis diatas

tabel perbandingan pdf reader

Dari lima software PDF Reader yang kami coba, semua ada free software alias gratis. Dan kami sudah menguji kedua versinya, baik yang full ataupun yang lite.

Dan semua hasil test kami sajikan di dalam tulisan ini. Walau ada beberapa yang hanya bisa digunakan untuk sistem operasi Windows saja, dan ada juga yang bisa berjalan di Windows dan perangkat seluler.

Nah, kami berharap tulisan ini dapat membantu anda dalam memilih software PDF reader yang gratis dan ringan.

Komentar