Arti kata GG atau GGWP dalam Game Online

Ada banyak istilah yang sering digunakan atau terdengar dalam permainan sebuah game, terutama game online. Apa sih arti kata GG atau GGWP dalam game?

Istilah-istilah ini bisa jadi kata serapan atau singkatan, yang sering dilontarkan oleh pemain. Tapi banyak yang tidak tahu arti dan makna dari istilah tersebut.

Istilah-istilah yang paling sering terdengar seperti noob, nubie, gg, ggwp, AFK, tele, buyback, LH, EZ, gank.

Mungkin bagi yang sudah lama bermain game-game onlien MOBA sudah sering mendengar istilah-istilah tersebut diatas dan mengerti arti dari makna dari kata tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menerangkan sedikit arti kata GG dan GGWP yang sering terdengar pada game online.

Apa sih arti kata GG atau GGWP

arti kata GG dan GGWP dalam game online

Istilah ini sering banget dikeluarkan para player game online, tidak hanya game type MOBA, tapi hampir di banyak type game online, istilah ini sering diucapkan oleh para pemainnya.

Kata atau istilah GG atau GGWP ini sebenarnya adalah singkatan dari bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui, game online ini kan playernya berasal dari berbagai negara.

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang sering digunakan, karena merupakan bahasa internasional yang umum.

Pemain dari berbagai penjuru dunia dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris sebagai pilihan bahasa netral.

Arti kata dari “GG” dalam Game Online

Kata “GG” ini adalah singkatan dari kata “Good Game”, jika merujuk kamus bahasa inggris atau google translate, tentu saja kamu paham arti dari kata tersebut bukan?

Yak, GG ini singkatan dari Good Game atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya “permaian yang bagus”

Kata ini sering diucapkan dalam beberapa kondisi tertentu, dan tidak jarang arti kata ini sering di belokkan maknanya menjadi kata cibiran atau ejekan.

1. Penggunaan Kata GG Sebagai Pujian

Ketika seorang pro player bergabung ke dalam pertandingan, dan memiliki skill gameplay yang cukup baik.

Nah, biasanya pemain lain akan memuji “GG kali permainannya”. Nah penggunaan istilah pada kondisi ini merujuk atau berarti memberikan pujian.

2. Istilah Kata GG Untuk Mengakhiri Permainan

Nah, kata GG ini juga sering diucapkan oleh para pemain pada akhir pertandingan. Biasanya sih pemain yang mengucapkan kata ini pada akhir pertandingan memiliki etika.

Dan sering terlihat pada turnamen-turnamen game online. Penggunaan kata “GG” pada akhir pertandingan memiliki arti menghargai permainan yang kompetitif atau seru.

Kedua tim baik pemenang atau yang kalah saling menghargai karena game sudah berjalan secara sportif dan seru.

3. Pembelokan Makna GG Menjadi Ejekan

Pernah ketika kami bermain salah satu game online, dan terdapat satu pemain yang sering melakukan kesalahan yang menyebabkan kekalahan tim.

Banyak pemain lain yang kesal dan mengucapkan kata “GG”. Nah maksud dari kata ini adalah ejekan kepada pemain yang sering melakukan kesalahan tersebut.

Bisa di artikan “Good Game” karena sudah melakukan banyak kesalahan. Agak sedikit aneh sih, dan sangat tidak tepat dalam pemilihan katanya.

Tapi ini fakta dan sering terjadi di dunia game online. Namun artian kata GG pada situasi ini merupakan ejekan.

Arti kata dari “GGWP”

Arti kata dari GG dalam Game Online 3

GGWP adalah singkatan dari kata “Good Game Well Played” hampir mirip-mirip sih artinya.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih memiliki makna atau arti “permainan yang sangat bagus sekali”

1. Penggunaan Kata GGWP

GGWP atau Good Game Well Played ini biasanya digunakan pada akhir pertandingan. Sebagai salah satu bentuk penghormatan antar pemain. Baik pemenang ataupun yang kalah.

Jadi sebenarnya arti dari kata GG dan GGWP ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Penggunaan kaimat nya pun mirip-mirip dengan yang sudah kami jelaskan diatas.

Sejarah Singkat Pengunaan Kata “GG” dan “GGWP”

Istilah-istilah seperti “GG” dan “GGWP” awal mulanya berasal dari komunitas game online.

Dari beberapa sumber online yang kami rangkum, istilah-istilah ini pertama kali digunakan dalam sebuah komunitas game online pada era 1990-an.

Terutama pada game online yang ber-genre RTS (real time strategi) seperti StarCraft.

Penggunaan “GG” (Good Game) dan “GGWP” (Good Game, Well Played) dimulai sebagai bentuk etiket dalam komunitas permainan tersebut.

Pemain biasanya mengetikkan “GG” atau “GGWP” di akhir permainan untuk menunjukkan penghormatan dan sportivitas mereka kepada pemain lain. Terlepas apakah mereka menang atau kalah.

Hal ini mirip dengan olahraga fisik di mana lawan biasanya berjabatan tangan atau “high-five” sebagai bentuk penghargaan atau sportifitas.

Kesimpulan

Jadi GG dan GGWP memiliki makna kata yang hampir mirip, dan penggunaanya biasanya merujuk kepada pujian atau penghormatan antar pemain game.

Namun ada beberapa juga makna yang di belokkan yang bisa menjadi salah satu makna untuk mengejek atau mencela.

Jadi sudah tau kan artinya? Jadi jangan bingung lagi jika menjumpai istilah-istilah asing dalam permainan online.

Jika ada istilah lain yang ingin kamu ketahui, silakan ajukan lewat kolom komentar. Kami akan senang hati mengulasnya.

Komentar