Asus Zenbook Duo vs Lenovo Yoga Book 9i: Laptop Dua Layar OLED Yang Bersaing Di Tahun 2024, Ketahui Keunggulannya!

Tahun 2024 menandakan era baru dalam komputasi mobile dengan kemunculan laptop dua layar OLED yang inovatif. Dua pesaing utama dalam kategori ini adalah Asus Zenbook Duo vs Lenovo Yoga Book 9i. Kedua laptop ini menawarkan pengalaman komputasi yang unik dengan dua layar, namun memiliki beberapa perbedaan penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli.

Ukuran Layar dan Desain

Zenbook Duo menawarkan dua layar 14 inci dengan resolusi 3K dan refresh rate 120Hz. Ketika dibentangkan, layarnya setara dengan 19,8 inci, memberikan ruang kerja yang luas untuk multitasking. Yoga Book 9i memiliki dua layar 13,3 inci dengan resolusi 2.8K dan refresh rate 60Hz. Desainnya lebih ringkas dan portabel dibandingkan Zenbook Duo, namun ruang kerjanya lebih kecil.

Performa dan Fitur

Kedua laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra terbaru dan dilengkapi dengan RAM dan penyimpanan yang besar. Zenbook Duo memiliki grafis Intel Arc yang lebih mumpuni untuk tugas-tugas kreatif seperti editing video dan desain grafis. Yoga Book 9i memiliki fitur AI yang lebih canggih, seperti asisten virtual yang dapat membantu pengguna dalam berbagai tugas.

Keyboard dan Konektivitas

Zenbook Duo memiliki keyboard ErgoSense yang dapat dilepas pasang. Keyboard ini dirancang untuk penggunaan seharian dan dapat terhubung langsung ke laptop atau melalui Bluetooth. Yoga Book 9i memiliki keyboard yang terintegrasi dengan layar. Kedua laptop ini memiliki port yang lengkap, termasuk Thunderbolt 4, USB-A, HDMI, dan jack audio.

Harga dan Ketersediaan

Zenbook Duo dibanderol dengan harga Rp 33.999.000, sedangkan Yoga Book 9i memiliki harga yang lebih murah, yaitu Rp 29.999.000. Kedua laptop ini tersedia di toko online dan offline resmi Asus dan Lenovo.

Keunggulan Zenbook Duo:

  • Layar yang lebih besar dan resolusi yang lebih tinggi
  • Refresh rate 120Hz untuk pengalaman visual yang lebih mulus
  • Grafis Intel Arc yang lebih mumpuni
  • Keyboard ErgoSense yang dapat dilepas pasang

Keunggulan Yoga Book 9i:

  • Desain yang lebih ringkas dan portabel
  • Fitur AI yang lebih canggih
  • Harga yang lebih murah

Perbandingan Detail Asus Zenbook Duo dan Lenovo Yoga Book 9i:

Spesifikasi:

Fitur Asus Zenbook Duo Lenovo Yoga Book 9i
Ukuran Layar 2 x 14 inci 2 x 13.3 inci
Resolusi Layar 3K (2880×1800) 2.8K (2880×1600)
Refresh Rate 120Hz 60Hz
Panel Layar OLED OLED
Prosesor Intel Core Ultra Intel Core Ultra
RAM 16GB – 32GB 16GB – 32GB
Penyimpanan 512GB – 1TB 512GB – 1TB
Grafis Intel Arc Intel Iris Xe
Keyboard ErgoSense (dapat dilepas pasang) Terintegrasi dengan layar
Port Thunderbolt 4, USB-A, HDMI, jack audio Thunderbolt 4, USB-A, HDMI, jack audio
Berat 1.35kg 1.1kg
Harga Rp 33.999.000 Rp 29.999.000

Fitur Unik:

  • Asus Zenbook Duo:
    • Layar ScreenPad Plus yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi seperti multitasking, kontrol media, dan input kreatif.
    • ASUS Pen 2.0 untuk menggambar dan menulis di layar.
    • AI Assistant untuk membantu pengguna dalam berbagai tugas.
  • Lenovo Yoga Book 9i:
    • Desain origami yang memungkinkan laptop dilipat dalam berbagai mode.
    • Keyboard E Ink yang dapat digunakan sebagai e-reader.
    • Lenovo Precision Pen untuk menggambar dan menulis di layar.

Asus Zenbook Duo dan Lenovo Yoga Book 9i adalah dua laptop dua layar OLED yang inovatif dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Zenbook Duo menawarkan layar yang lebih besar, refresh rate yang lebih tinggi, dan performa grafis yang lebih mumpuni. Yoga Book 9i memiliki desain yang lebih ringkas dan portabel, fitur AI yang lebih canggih, dan harga yang lebih murah.

Pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Jika Anda membutuhkan laptop dengan layar yang luas dan performa yang tinggi, Zenbook Duo adalah pilihan yang tepat. Jika Anda mencari laptop yang ringkas dan portabel dengan fitur AI yang canggih, Yoga Book 9i adalah pilihan yang tepat.

Komentar