Bintik Putih di Layar Laptop dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Banyak pengguna laptop yang mengeluhkan adanya bintik putih di layar laptop yang mengganggu. Bintik-bintik putih ini disebut juga dengan white spot, yang merupakan kondisi di mana terdapat titik-titik kecil berwarna putih yang muncul di layar laptop.

Apa sih Bintik Putih di Layar Laptop?

ilustrasi gambar bintik putih di layar laptop
ilustrasi gambar bintik putih di layar laptop

Seperti pada foto diatas, bintik putih adalah bercak kecil berwarna putih yang muncul di layar laptop dan mengganggu tampilan. Bintik putih bisa berukuran kecil atau besar, berjumlah satu atau banyak, dan berada di mana saja di layar laptop.

Tentu saja bintik putih di layar laptop ini dapat mengurangi kualitas gambar dan mengganggu pandangan mata atau membuat risih pengguna saat menggunakan laptop.

Namun, jangan panik dulu, karena masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat. Pada artikel ini kami akan membahas tentang penyebab white spot, cara menghilangkannya tanpa ganti LCD, tips dan trik untuk memperbaiki layar laptop yang bermasalah dengan bintik-bintik putih, serta cara mencegahnya.

Penyebab Bintik Putih di Layar Laptop

Bintik putih pada layar laptop tidak sama dengan dead pixel pada layar laptop. Dead pixel adalah pixel yang tidak berfungsi atau tidak menampilkan warna apa pun. Dead pixel biasanya berwarna hitam atau gelap dan tidak bisa diperbaiki. Bintik putih pada layar laptop masih bisa menampilkan warna lain, tetapi warna putih lebih dominan. Titik putih di layar laptop juga masih bisa diperbaiki dengan cara tertentu.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan layar laptop ada titik putih, antara lain :

Debu atau Kotoran

Debu atau kotoran yang menempel pada layar laptop bisa menyebabkan titik putih di layar laptop. Debu atau kotoran bisa masuk ke dalam lapisan LCD atau backlight layar laptop dan menghalangi cahaya yang dipancarkan. Hal ini bisa membuat layar laptop menampilkan warna putih di tempat yang terkena debu atau kotoran.

Kerusakan Fisik

Kerusakan fisik pada layar laptop juga bisa menyebabkan bintik putih pada layar laptop. Kerusakan fisik bisa disebabkan oleh benturan, tekanan, atau gesekan yang terlalu keras pada layar laptop. Kerusakan fisik bisa merusak lapisan LCD atau backlight layar laptop dan membuatnya tidak bisa menampilkan warna dengan benar. Hal ini bisa membuat layar laptop ada titik putih di tempat yang rusak.

Masalah pada Driver/Software

Masalah pada driver layar laptop juga bisa menyebabkan bintik putih pada layar laptop. Driver adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi dan kinerja perangkat keras, termasuk layar laptop. Jika driver layar laptop tidak kompatibel, tidak terbaru, atau bermasalah, maka bisa menyebabkan gangguan pada sinyal yang ditransmisikan ke layar laptop. Hal ini bisa membuat layar laptop menampilkan warna putih di tempat yang tidak seharusnya

Masalah pada Kabel atau Port

Masalah pada kabel atau port yang menghubungkan layar laptop dengan motherboard juga bisa menyebabkan titik putih di layar laptop. Jika kabel atau port rusak, kotor, atau longgar, maka bisa menyebabkan gangguan pada sinyal yang ditransmisikan ke layar laptop. Hal ini bisa membuat layar laptop menampilkan warna putih di tempat yang tidak seharusnya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Titik Putih di Layar Laptop

Mengatasi titik putih di layar laptop bukanlah hal yang mustahil. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bercak putih di layar laptop. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu coba :

Bersihkan Layar Laptop dengan Kain Mikrofiber

membersihkan layar laptop dengan mikrofiber
Membersihkan Layar dengan Mikrofiber

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan layar laptop dengan kain mikrofiber. Kenapa pakai kain mikrofiber? karena kain ini adalah kain yang lembut dan halus yang tidak akan menggores layar laptop. Gunakan kain mikrofiber yang kering atau basah dengan sedikit air atau cairan pembersih khusus layar. Jangan menggunakan kain kasar, tisu, atau kertas yang bisa meninggalkan serat atau goresan pada layar.

Cara membersihkan layar laptop dengan kain mikrofiber adalah sebagai berikut :

  • Matikan laptop dan lepaskan kabel listrik atau baterai.
  • Diamkan laptop selama beberapa menit sampai layar dingin.
  • Ambil kain mikrofiber kering dan bersihkan debu, kotoran, atau sidik jari yang menempel pada layar dengan gerakan melingkar atau zig-zag.
  • Basahi kain mikrofiber dengan sedikit air atau cairan pembersih. Peras kain sampai tidak menetes dan hanya lembab.
  • Gosok layar laptop dengan kain basah dengan gerakan yang sama seperti sebelumnya. Jangan menekan layar terlalu keras atau menggosok terlalu lama.
  • Keringkan layar laptop dengan kain mikrofiber kering atau udara kering. Jangan menggunakan pengering rambut atau alat panas lainnya yang bisa merusak layar.

Periksa Kondisi Kabel dan Port

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa kondisi kabel dan port yang menghubungkan layar laptop dengan motherboard. Jika kabel atau port rusak, kotor, atau longgar, maka bisa menyebabkan gangguan pada sinyal yang ditransmisikan ke layar. Hal ini bisa mengakibatkan bercak putih atau warna lainnya muncul di layar laptop.

Disclaimer : Cara yang kedua ini mengharuskan kamu untuk memiliki kemampuan teknis tentang hardware dan harus sudah berpengalaman dalam membongkar pasang laptop.

Cara memeriksa kondisi kabel dan port adalah sebagai berikut :

  • Matikan laptop dan lepaskan kabel listrik atau baterai.
  • Buka casing laptop dengan hati-hati menggunakan obeng atau alat lain yang sesuai. Kamu bisa melihat panduan cara membuka casing laptop di internet atau buku manual yang disertakan dengan laptop.
  • Cari kabel yang menghubungkan layar laptop dengan motherboard. Biasanya kabel ini berwarna hitam atau abu-abu dan memiliki konektor di kedua ujungnya.
  • Periksa apakah kabel atau konektor ada yang rusak, kotor, atau longgar. Jika ada, bersihkan dengan kain kering atau kuas halus. Jika perlu, ganti kabel atau konektor yang rusak dengan yang baru.
  • Pasang kembali kabel dan konektor dengan benar dan rapat. Pastikan tidak ada kabel yang terlipat atau tertekuk.
  • Tutup kembali casing laptop dan nyalakan laptop. Periksa apakah bercak putih di layar laptop masih ada atau sudah hilang.

Perbarui Driver Layar Laptop

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan adalah memperbarui driver layar laptop. Driver adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi dan kinerja perangkat keras, termasuk layar laptop. Jika driver layar laptop tidak kompatibel, tidak terbaru, atau bermasalah, maka bisa menyebabkan bercak putih atau masalah lainnya pada layar laptop.

Cara memperbarui driver layar laptop adalah sebagai berikut :

  • Nyalakan laptop dan masuk ke sistem operasi yang kamu gunakan, misalnya Windows 10.
  • Klik kanan pada ikon Start di pojok kiri bawah layar dan pilih Device Manager.
  • Cari dan klik dua kali pada Display Adapters untuk melihat daftar driver layar laptop yang terpasang.
  • Klik kanan pada driver yang ingin kamu perbarui dan pilih Update Driver.
  • Pilih opsi Search automatically for updated driver software dan tunggu proses pencarian dan instalasi driver selesai.
  • Jika tidak ada driver yang tersedia secara otomatis, kamu bisa mencari driver yang sesuai dengan merek dan model laptop kamu di situs web resmi produsen laptop atau situs web lain yang terpercaya.
  • Setelah driver terinstal, restart laptop dan periksa apakah bercak putih di layar laptop masih ada atau sudah hilang.

Lakukan Kalibrasi Warna Layar Laptop

Cara keempat yang bisa kamu lakukan adalah melakukan kalibrasi warna layar laptop. Kalibrasi warna adalah proses penyesuaian warna layar laptop agar sesuai dengan standar warna yang diinginkan. Dengan melakukan kalibrasi warna, kamu bisa memperbaiki masalah warna yang tidak akurat, termasuk bercak putih di layar laptop.

Berikut cara kalibrasi warna layar laptop yang kami sarankan :

  • Nyalakan laptop dan masuk ke sistem operasi yang kamu gunakan, misalnya Windows 10.
  • Klik kanan pada area kosong di desktop dan pilih Display Settings.
  • Gulir ke bawah dan klik Advanced Display Settings.
  • Klik Display Adapter Properties for Display 1 atau nomor lain sesuai dengan layar laptop yang kamu gunakan.
  • Pilih tab Color Management dan klik Color Management.
  • Pilih tab Advanced dan klik Calibrate Display.
  • Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menyesuaikan warna layar laptop, seperti kecerahan, kontras, dan gamma. Kamu bisa melihat perbedaan warna sebelum dan sesudah kalibrasi dengan mengklik tombol Previous Calibration atau Current Calibration.
  • Setelah selesai, klik Finish dan tutup jendela Color Management.

Ganti Layar Laptop dengan yang Baru

Cara kelima dan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengganti layar laptop dengan yang baru. Cara ini adalah cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil menghilangkan bercak putih di layar laptop. Mengganti layar laptop dengan yang baru bisa memperbaiki masalah layar yang disebabkan oleh kerusakan fisik, seperti retak, pecah, atau bocor.

Disclaimer : Cara yang kelima ini mengharuskan kamu untuk memiliki kemampuan teknis tentang hardware dan harus sudah berpengalaman dalam membongkar pasang laptop. Jika kamu masih awam, sebaiknya hubungi service center atau teknisi yang berpengalaman untuk melakukan penggantian layar laptop.

Kesimpulan

Ada beberapa penyebab layar laptop ada titik putih nya, seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Kamu tidak perlu panik dalam mengatasi permasalahan ini. Kami sudah jabarkan cara mengatasinya. Namun harus diperhatikan, untuk membongkar pasang bagian laptop ataupun layar memerlukan keahlian khusus atau teknisi yang berpengalaman.

Jadi identifikasi dulu penyebab permasalah bercak putih pada layar laptopmu, kemudian lakukan perbaikan.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengatasi layar laptop ada titik putih. Apabila artikel ini membantu, mohon kiranya untuk share dan beritahukan ke teman-teman kamu.

Komentar