Bug Windows 10 Terbaru yang Mempengaruhi Fungsionalitas Klik Kanan di Taskbar

Bug Windows 10 Terbaru – Microsoft baru-baru ini mengonfirmasi adanya bug yang mengganggu di Windows 10 yang mempengaruhi fungsionalitas klik kanan di taskbar. Bug ini menyebabkan munculnya kotak dialog “Open with” yang tidak tepat saat pengguna mengklik kanan ikon aplikasi di taskbar, yang seharusnya menampilkan menu konteks yang relevan dengan aplikasi tersebut.

Masalah ini dilaporkan terjadi setelah pengguna menginstal beberapa pembaruan terbaru, khususnya pada Windows 10 versi 22H2 dan 21H2. Insiden ini telah menimbulkan frustrasi di kalangan pengguna, karena mengganggu alur kerja dan produktivitas mereka.

Masalah Terungkap

Ketika pengguna mengklik kanan ikon aplikasi di taskbar atau menu Start, mereka mengharapkan melihat menu konteks dengan opsi spesifik yang relevan dengan aplikasi tersebut. Namun, karena bug ini, kotak dialog “Open with” yang salah muncul, bertanya “Bagaimana Anda ingin membuka file ini?” Dialog ini tidak berarti dalam konteks ini dan mengganggu alur kerja yang biasa.

Masalah ini terutama mempengaruhi Windows 10 versi 22H2 dan 21H2. Menurut laporan dari BleepingComputer dan konfirmasi dari Microsoft, masalah ini terkait dengan beberapa pembaruan yang dirilis selama beberapa bulan terakhir. Penyebab utama tampaknya adalah pembaruan opsional KB5036979 dari April 2024. Pembaruan lain yang juga disebutkan meliputi KB5039211 (Juni 2024), KB5037849 (Mei 2024, opsional), dan KB5037768 (Mei 2024).

Pernyataan Microsoft

Microsoft telah mengeluarkan pernyataan yang menangani bug ini:

“Setelah menginstal pembaruan Windows pada 23 April 2024 (KB5036979) dan pembaruan yang dirilis setelahnya, aplikasi tertentu mungkin menampilkan kotak dialog ‘Open with’ yang menanyakan bagaimana Anda ingin membuka file ini. Masalah ini dapat terjadi ketika Anda mengklik ikon aplikasi di taskbar atau di menu Start dan mengklik kanan aplikasi untuk menjalankan tugas di aplikasi tersebut. Akibatnya, kotak dialog ‘Open with’ mungkin muncul alih-alih menjalankan tugas yang dipilih.”

Artikel Terkait  Cara Mengatasi Gpedit MSC Yang Tidak Bisa Dibuka

Bug ini tampaknya tidak mempengaruhi semua sistem secara seragam. Sementara beberapa pengguna melaporkan mengalami masalah ini secara konsisten, yang lain menemukan menu klik kanan mereka berfungsi seperti biasa. Masalah ini secara khusus dicatat dalam aplikasi populer seperti Teams, Outlook baru untuk Windows, dan Snip & Sketch. Namun, ini bisa berpotensi mempengaruhi aplikasi apa pun ketika pengguna mengklik kanan untuk mengakses menu konteks.

Pengalaman Pengguna dan Solusi Sementara

Bagi yang terkena dampak, bug ini sangat menghambat pengalaman pengguna. Mengklik kanan ikon taskbar adalah tindakan umum untuk dengan cepat mengakses fungsionalitas tertentu dalam aplikasi. Munculnya kotak dialog “Open with” yang tidak relevan malah mengganggu efisiensi ini, memaksa pengguna untuk menavigasi melalui menu aplikasi untuk menjalankan tugas yang diinginkan.

Sampai perbaikan permanen dirilis, pengguna disarankan untuk langsung mengakses tugas dalam menu program masing-masing, mengabaikan menu konteks klik kanan sepenuhnya. Meskipun ini bukan solusi ideal, ini membantu mengurangi dampak bug sementara.

Tanggapan Microsoft dan Perbaikan Masa Depan

Microsoft telah meyakinkan pengguna bahwa mereka sedang bekerja untuk menyelesaikan masalah ini. Perbaikan diharapkan akan disertakan dalam pembaruan yang akan datang. Namun, belum ada garis waktu spesifik yang diberikan kapan perbaikan ini akan tersedia.

Pengakuan proaktif perusahaan dan janji solusi adalah langkah positif, tetapi pengguna harus menunggu solusi konkret. Insiden ini menekankan pentingnya pengujian menyeluruh untuk pembaruan, terutama yang mempengaruhi aspek fundamental antarmuka dan pengalaman pengguna.

Munculnya bug ini di Windows 10 menyoroti tantangan yang dihadapi perusahaan perangkat lunak dalam memelihara dan memperbarui sistem operasi yang kompleks. Meskipun pembaruan sangat penting untuk peningkatan keamanan dan fungsionalitas, terkadang ini dapat memperkenalkan masalah yang tidak terduga. Komitmen Microsoft untuk menangani bug ini adalah langkah positif, tetapi untuk saat ini, pengguna yang terkena dampak harus menyesuaikan alur kerja mereka sampai perbaikan diterapkan.

Artikel Terkait  Suntik Mati Windows 10, Microsoft Umumkan Tanggal Pensiun Windows 10

Sementara itu, tetap terinformasi tentang masalah seperti ini dan pembaruan dari Microsoft sangat penting bagi pengguna untuk mengelola sistem mereka secara efektif. Komunitas teknologi dan umpan balik pengguna memainkan peran signifikan dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan bug ini, memastikan pengalaman yang lebih lancar untuk semua.

Komentar