GPS pada HP: Cara Mengaktifkan dan Manfaatnya

GPS pada HPGPS adalah singkatan dari Global Positioning System, yaitu sistem pemetaan atau navigasi yang memanfaatkan sinyal satelit untuk menentukan koordinat lokasi, kecepatan, waktu dan juga arah dari suatu objek.

Dulu sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang, penggunaan GPS sangat terbatas. Karena hanya tersedia dalam bentuk fisik yang mahal harganya dan biasanya hanya digunakan oleh orang-orang tertentu dengan profesi seperti tentara, penjelajah, pelaut.

Beda dengan sekarang, yang mana fungsi dan kegunaan GPS dapat diakses dan digunakan oleh semua yang memiliki smartphone. Bahkan terdapat juga penyedia software yang dapat memanipulasi GPS untuk keperluan tertentu.

Sejarah singkat GPS pada HP

GPS pada HP Cara Mengaktifkan dan Manfaatnya

GPS pertama kali ditemukan oleh ilmuwan AS pada tahun 1957 saat mengamati Sputnik, satelit pertama buatan manusia. GPS mulai digunakan oleh militer AS pada tahun 1973, dan beroperasi penuh pada tahun 1995. GPS kemudian bisa digunakan oleh sipil untuk berbagai keperluan seperti navigasi, pelacakan, pemetaan, dan lainnya.

Dulu teknologi GPS ini masih merupakan teknologi yang terbatas dan mahal (pada era 90-2000), hanya bisa digunakan oleh alat-alat tertentu seperti navigasi kapal laut dan pesawat. GPS juga hanya bisa diakses oleh profesi tertentu yang membutuhkan informasi lokasi yang akurat, seperti militer, pilot, pelaut, atau peneliti .

Beda dengan sekarang yang mana GPS sudah menjadi teknologi yang umum dan murah, yang bisa digunakan oleh hampir semua orang melalui smartphone. Smartphone sudah dilengkapi dengan chip GPS yang bisa menerima dan mengolah sinyal dari satelit, serta aplikasi peta yang bisa menampilkan data lokasi secara visual. GPS juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan lokasi, seperti navigasi, pelacakan, pemetaan, geotagging, atau bermain game .

Cara Mengaktifkan GPS pada HP

GPS pada HP itu fitur yang keren log, bisa tau lokasi kita dan arah tujuan kita. Tapi, GPS juga bisa bikin baterai HP kita cepet abis, soalnya GPS butuh sinyal satelit yang kenceng dan terus-terusan. Makanya, kita bisa nyala-matiin GPS sesuai kebutuhan kita aja, jangan sampe nyala terus. Gimana caranya? Gampang kok, tergantung HP kita jenis dan versi apa, tapi biasanya kita bisa buka menu pengaturan atau panel cepat. Dengan nyala-matiin GPS manual, kita bisa irit baterai HP kita dan nggak boros data.

Mengaktifkan GPS pada HP Android :

Menggunakan Panel Cepat (Quick Panel)

  • Tarik bagian atas layar ke bawah untuk membuka pusat pemberitahuan.
  • Cari ikon dengan tulisan “location” atau “lokasi”
  • Aktifkan Ikon Location dan akan berubah warna menjadi putih atau biru saat nyala. Opsi ini menghidupkan semua layanan lokasi pada HP dan tablet. Pada beberapa versi Android, opsi ini ditulis dengan label GPS.
Mengaktifkan GPS pada HP Android
Aktifkan GPS di Xiaomi Redmi Note 9

Mengaktifkan GPS pada HP iPhone :

Cara untuk mematikan atau pun menghidupkan GPS pada perangkat HP iPhone hampir mirip-miirp dengan perangkat android. Berikut caranya :

  • Buka aplikasi Device pada iPhone.
  • Tekan Privacy pada menu Device.
  • Tekan Location Services pada menu Privacy.
  • Nyalakan tombol di bagian atas untuk mengaktifkan layanan lokasi. Tombol akan berwarna hijau saat nyala. Opsi ini menghidupkan semua layanan lokasi pada iPhone kamu.
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu izinkan untuk mengakses lokasi kamu. Kamu bisa memilih Never, Ask Next Time, While Using the App, atau Always.
aktifkan gps di iPhone
Ilustrasi Aktifkan GPS di Iphone

Cara Kerja GPS pada HP

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya apakah GPS menggunakan internet, apakah bisa menjalankan GPS tanpa internet, dan apakah GPS hanya bisa berjalan saat ada koneksi internet? Pertanyaan-pertanyaan ini cukup sering ditanyakan oleh banyak orang.

Jawabannya adalah, GPS tidak memerlukan internet untuk menerima sinyal dari satelit, tetapi memerlukan internet untuk mengunduh data peta dan informasi lainnya yang berkaitan dengan lokasi kamu. Jadi, kamu dapat menjalankan GPS tanpa internet, tetapi kamu tidak bisa melihat data peta dan informasi lainnya yang biasanya ditampilkan oleh aplikasi GPS. GPS bisa berjalan saat tidak ada koneksi internet, tetapi hanya bisa menunjukkan koordinat lokasi kamu, tanpa bisa memberikan arah atau rute perjalanan.

Kesimpulan

Jadi demikianlah artikel yang mengulas tentang GPS pada HP baik itu pada perangkat android ataupun iPhone. Dan sekali lagi kami ingatkan, ada baiknya kamu menonaktifkan fitur GPS apabila kamu sedang tidak benar-benar menggunakannya, karena berakibat memakan baterai yang cukup boros.

Demikianlah artikel ini kami tulis, dengan harapan dapat memberikan pengetahuan dasar kepada pembaca kami. Kritik, saran dan masukan akan sangat kami terima.

Komentar