2+ Cara Cek RAM HP Asus dan Mengoptimalkannya

RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu komponen vital pada HP yang kamu gunakan setiap hari. Ada gunanya mengetahui cara cek RAM HP Asus.

Fungsi utama RAM adalah untuk menyimpan data sementara yang sedang atau akan diproses oleh prosesor.

Dengan kata lain, RAM berfungsi sebagai tempat penampungan data sementara sebelum data tersebut diolah.

Eits, tapi ingat ya, kapasitas RAM di HP kamu memiliki batas. Ketika RAM penuh, HP akan bekerja lebih keras untuk berurusan dengan data tambahan.

Nah, hal ini yang bisa membuat performa HP kamu menjadi semakin lamban dan bahkan terasa berat.

Jadi, penting banget buat kamu, sebagai pengguna HP Asus, untuk tahu dan memahami kapasitas serta spesifikasi dari RAM di HP kamu.

Pentingnya Mengecek RAM HP Asus

cara cek RAM HP Asus 2

Dengan mengetahui kapasitas RAM, kamu bisa mengestimasi berapa banyak aplikasi dan data yang dapat disimpan di HP kamu tanpa mengganggu kinerjanya.

Misalnya, jika HP Asus kamu memiliki RAM 2GB, secara optimal kamu mungkin hanya bisa menjalankan 4-5 aplikasi secara bersamaan sebelum perangkat mulai terasa lambat.

Sementara itu, dengan RAM 8GB, kamu bisa menjalankan lebih banyak aplikasi dan proses secara bersamaan.

Mengerti kapasitas dan spesifikasi RAM di HP kamu juga sangat penting agar kamu bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan dan optimasi untuk menjaga agar performa HP tetap optimal.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan antara lain melakukan pembatasan jumlah aplikasi yang berjalan bersamaan, membersihkan cache secara rutin, atau bahkan melakukan upgrade RAM jika memungkinkan.

Cara Cek RAM HP Asus

Kamu bisa memeriksa RAM di HP Asus dengan beberapa metode. Berikut ini beberapa caranya:

1. Lewat Menu Pengaturan (Versi Lama)

Bagi pengguna ponsel Asus versi lama, kamu bisa melakukan pengecekan RAM langsung dari HP. Caranya gampang banget, begini :

  • Pertama, buka menu pengaturan.
  • Geser ke bawah dan cari ikon berbentuk roda gigi atau pengaturan.
  • Cari ‘Memori’.
  • Nantinya, informasi seputar RAM akan muncul, seperti total memori, memori free, rata-rata memori yang digunakan.

2. Lewat Menu Pengaturan (Versi Baru)

Nah bagi kamu yang menggunakan HP Asus versi terbaru dan belum tahu cara memeriksa RAM, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, aktifkan mode pengembang dengan membuka menu pengaturan.
  • Pilih ‘Tentang Ponsel’.
  • Geser ke bawah sampai Anda menemukan ‘Nomor bentukan’.
  • Ketuk sebanyak tujuh kali sampai muncul mode pengembang.
  • Setelah itu, masuk ke menu pengaturan.
  • Lihat pada bagian menu opsi pengembang.
  • Jika opsi pengembang sudah aktif, masuklah ke pengecekan RAM.
  • Caranya dengan membuka mode pengembang.
  • Kemudian pilih ‘memori’.
  • Kemudian pilih ‘Pengaturan’.
  • Selanjutnya pilih ‘Apps’ atau aplikasi.
  • Klik pada aplikasi yang berjalan.
  • Pilih ‘More’.
  • Jika sudah, pilih ‘Manajer aplikasi’ dan klik ‘Running’. Di sini Anda bisa melihat kapasitas RAM HP Anda.
Artikel Terkait  [Review] Asus ROG Phone 5 HP Gaming Terbaik

3. Lewat Opsi Pengembang

HP Asus memiliki fitur opsi pengembang yang memungkinkan Anda untuk melihat kapasitas RAM yang digunakan dan yang tersisa. Begini caranya:

  • Buka pengaturan HP.
  • Lalu, pilih menu sistem.
  • Dari situ, pilih ‘Tentang Ponsel’ untuk mengaktifkan opsi pengembang.
  • Kemudian, ketuk beberapa kali pada menu ‘Nomor bentukan’.
  • Akan muncul pesan, “sekarang Anda adalah pengembang.”
  • Setelah pesan tersebut muncul, Anda hanya perlu pilih tombol kembali.
  • Lalu pada bagian opsi sistem muncul opsi pengembang.
  • Pilih opsi pengembang dan lihat RAM HP Asus. Caranya dengan memilih opsi ‘memori’. Di sini Anda bisa melihat informasi seputar RAM HP Asus.

4.Periksa RAM Secara Online

Cara lain untuk memeriksa RAM adalah secara online, mungkin ini adalah cara paling simpel dibandingkan dengan cara lainnya. Jika ingin melakukan pengecekan RAM HP Asus, ikuti cara berikut:

  • Buka browser Anda.
  • Kemudian di kolom pencarian, ketikkan “RAM” diikuti dengan model HP Asus yang ingin diperiksa. Misalnya, “RAM Asus Zenfone 3”.
  • Kemudian tekan tombol cari. Sistem akan otomatis memberikan informasi terkait RAM HP Asus yang Anda inginkan.

5. Melalui Kotak Ponsel

Cara terakhir untuk memeriksa RAM adalah dengan memeriksa RAM HP Asus di dalam dusbook. Saat Anda membeli HP baru, kamu pasti mendapatkan dusbook. Beginilah caranya:

Periksa bagian dusbook karena di dalamnya akan ada informasi lengkap sesuai dengan HP yang Anda miliki, termasuk jumlah RAM.

Ingat, cara ini bisa digunakan tidak hanya pada HP Asus saja, tapi juga pada berbagai jenis ponsel lainnya, misalnya Xiaomi, Samsung, iPhone, Advan, Poco, dan lainnya.

Cara Mengecek RAM HP Asus Dengan Aplikasi

cara cek RAM HP asus dengan aplikasi

Untuk mengetahui kapasitas RAM secara detail, kamu bisa juga menggunakan bantuan aplikasi yang sama akuratnya.

Artikel Terkait  Review Laptop Asus X441MA untuk Pelajar & Mahasiswa

Beberapa aplikasi ini bisa didapatkan secara resmi lewat app store. Berikut adalah aplikasi yang populer dan sering digunakan karena akurat dan juga mudah.

1. CPU-Z

CPU-Z adalah aplikasi nomor satu yang kami rekomendasikan, mengapa? Karena aplikasi ini sangat populer dan juga kemampuannya. CPU-Z tidak hanya memberikan info terkait RAM tapi juga menampilkan informasi hardware di ponsel kamu.

Tahu gak? CPU-Z sering digunakan oleh para teknisi. Jadi gak salah kalau aplikasi ini menjadi pilihan yang pertama.

Cara Cek RAM dengan CPU-Z

Tentu, berikut adalah langkah-langkah menggunakan CPU-Z untuk mendeteksi RAM pada HP Asus:

  1. Download dan Instal CPU-ZPertama-tama, kamu harus mengunduh aplikasi CPU-Z di Google Play Store. Cukup ketik “CPU-Z” di kotak pencarian, lalu unduh dan instal aplikasi.
  2. Buka Aplikasi CPU-ZSetelah instalasi selesai, buka aplikasi CPU-Z. Jendela utama CPU-Z akan menampilkan berbagai informasi tentang smartphone kamu.
  3. Pilih Tab “System”Di bagian atas jendela aplikasi, kamu akan melihat beberapa tab seperti “SOC”, “Device”, “System”, dan lainnya. Pilih tab “System”.
  4. Lihat Informasi RAMDi dalam tab “System”, kamu akan melihat berbagai informasi tentang sistem operasi kamu, termasuk versi Android, arsitektur kernel, dan tentu saja, informasi tentang RAM kamu. Kamu bisa melihat secara detail informasi total RAM, berapa banyak yang sedang digunakan, dan berapa banyak yang masih tersedia.
  5. Analisis Informasi RAMDengan informasi ini, kamu bisa memahami kondisi RAM di HP Asus kamu. Ini sangat berguna untuk memonitor penggunaan RAM dan membantu kamu dalam mengoptimalkan kinerja ponsel kamu.

2. AIDA64

AIDA64 adalah pilihan lain yang sangat bagus untuk memeriksa memori RAM. Seperti CPU-Z, AIDA64 juga menyediakan info detil tentang hardware smartphone kamu.

Cara Cek RAM dengan AIDA-64

  1. Download dan Install AIDA64Cari aplikasi AIDA64 di Google Play Store, download dan instal aplikasi tersebut di HP Asus kamu.
  2. Buka Aplikasi AIDA64Setelah instalasi berhasil, buka aplikasi AIDA64. Kamu akan melihat informasi detail dari perangkat kamu.
  3. Pilih Tab “System”Di bagian atas, kamu akan melihat beberapa tab. Pilih tab “System” untuk mendapatkan informasi spesifik sistem dan hardware kamu, termasuk RAM.
  4. Cek Informasi RAMDi dalam tab “System”, cari bagian “Memory” atau “RAM”. Di sini kamu bisa melihat detail RAM seperti “Installed RAM”, “Total Memory”, dan “Available Memory”.
Artikel Terkait  3+ Cara Mengatasi Mode Aman HP ASUS

3. Inware

Inware adalah aplikasi lainnya yang bisa membantu kamu mengetahui detail RAM di ponsel kamu. Aplikasi ini memiliki tampilan interface yang ramah pengguna dan mudah digunakan.

Pertama-tama, download dan instal Inware dari Google Play Store. Ketika kamu membuka aplikasi, kamu akan melihat halaman utama yang menampilkan berbagai informasi tentang perangkat kamu.

Ingin melihat info RAM? Langsung saja menuju bagian “Memory”. Di sini, kamu akan diberi info lengkap tentang memori sistem kamu, termasuk jumlah total dan berapa yang telah digunakan.

4. Device Info HW

Device Info HW adalah solusi lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk memeriksa RAM. Fungsinya serupa dengan aplikasi lainnya yaitu memberi informasi detail tentang hardware di ponsel kamu.

Untuk dapat menggunakannya, pertama download dan install Device Info HW terlebih dahulu.

Kemudian Buka aplikasi dan kamu akan melihat berbagai pilihan tab yang diatur rapi di halaman utama.

Pilih tab “Memory” dan di sana kamu akan melihat detail RAM di perangkat kamu termasuk: jumlah total RAM, penggunaan saat ini dan RAM yang masih kosong.

5. DevCheck Hardware and System Info

DevCheck adalah aplikasi serba bisa lain yang menampilkan informasi detail tentang perangkat Android kamu. Dengan user interface yang intuitif, DevCheck memudahkan untuk mencari informasi hardware termasuk RAM.

Download dan kemudian install DevCheck dari Google Play Store. Ketika pertama kali dibuka, aplikasi ini akan membawa kamu ke ringkasan perangkat, termasuk sekilas info tentang RAM.

Untuk melihat lebih detail, menuju ke tab “Memory”. Di tab ini, kamu akan menemukan segala info yang berkaitan dengan RAM di ponsel kamu.

Penutup

Sebagai pengguna HP yang aktif, ada perlunya kamu mengetahui cara cek RAM pada HP ASUS. Nah caranya sudah kami jabarkan diatas, silahkan kamu coba praktekkan.

Komentar