5+ Cara Hilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Logo headset muncul pada HP padahal tidak sedang terhubung ke headset. Pernah mengalaminya? Jika kamu sedang mengalami permasalahan tersebut maka kamu berada di tempat yang tepat.

Cara yang kami berikan bisa juga digunakan untuk beberapa model dan jenis HP. Tapi kali ini yang kita bahas HP xiaomi Redmi Note 9 Pro. 

Kebetulan perangkat itu yang kami miliki saat ini. Jadi tidak ada salahnya jika kami berbagi cara mengatasi permasalahan logo headset yang tidak mau hilang walaupun sudah dalam keadaan terlepas dari perangkat HP.

Ada beberapa prediksi kenapa logo audio tidak hilang pada HP, walaupun headset sudah dilepas. Bisa jadi lubang port audio yang sudah kotor ataupun lembab bisa jadi juga karena kesalahan sistem.

Yuk simak terus penjelasannya.

Cara Hilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Tanda headset yang muncul ini bisa jadi indikasi bahwa headset sedang terhubung ke perangkat, suara tidak keluar dari speaker dan juga masalah terkait headset atau headphone.

Berikut adalah cara hilangkan mode headset di HP Xiaomi yang aktif saat headset tidak digunakan atau terpasang. 

1. Lepas-Pasang Headset

Lepas pasang headset merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan logo headset yang tidak hilang di HP Xiaomi, meskipun tidak terkoneksi dengan headset.

Hal ini dilakukan dengan memasang dan melepas jack perangkat suara secara berulang-ulang. Metode ini dapat membantu menghilangkan tanda headset yang terus muncul di bar status ponsel.

Logo headset yang tidak hilang pada HP Xiaomi bisa terjadi karena kesalahan posisi pin tembaga atau perak di dalam lubang jack.

Dengan melakukan lepas pasang headset, kita dapat memperbaiki posisi pin tersebut sehingga logo headset dapat hilang.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • 1. Ambil headset dan pasangkan pada HP Xiaomi.
  • 2. Tunggu beberapa detik.
  • 3. Kemudian cabut headset dari HP.
  • 4. Perhatikan di bagian notification bar, apakah masih ada logo headset.

Penting untuk diingat bahwa lepas pasang headset adalah metode klasik yang dapat menjadi solusi terbaik dalam mengatasi masalah logo headset yang tidak hilang. 

2. Bersihkan Port Audio

Langkah berikut yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan lubang audio pada HP. Kotoran atau debu yang terperangkap di dalam lubang jack audio bisa juga menjadi salah satu penyebab permasalahan ini. 

Kamu bisa menggunakan tusuk gigi, atau cotton bud untuk membersihkan lubang audio. Hindari juga penggunaan benda tajam seperti jarum yang dapat merusak port audio.

Berikut adalah langkah-langkah singkat untuk membersihkan port jack audio pada HP Xiaomi agar logo headset tidak muncul:

Artikel Terkait  5+ Cara Efektif Atasi Masalah Rufus Error Explorer Exe [R]!
  • Matikan HP terlebih dahulu untuk menghindari kerusakan saat membersihkan port jack audio.
  • Ambil tusuk gigi atau lidi kapas pembersih telinga dan gunakan untuk membersihkan lubang jack audio secara hati-hati. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang tersisa di dalamnya.
  • Jika diperlukan, tambahkan sedikit cairan alkohol pada kapas atau lidi kapas yang digunakan untuk membersihkan port. Hal ini akan membantu menghilangkan kotoran yang lebih sulit dijangkau.
  • Gunakan kapas atau lidi kapas yang sudah dicelupkan ke cairan alkohol atau pembersih komponen elektronik untuk membersihkan bagian dalam lubang jack audio. Pastikan tidak ada sisa cairan yang tertinggal di dalamnya.
  • Setelah selesai membersihkan, biarkan port jack audio kering secara alami sebelum menghidupkan kembali HP Xiaomi Anda.

Dengan menjaga kebersihan port audio, dapat dipastikan bahwa sinyal audio dapat terhubung dengan baik dan logo headset tidak lagi muncul.

3. Restart Ulang HP

Langkah berikut yang bisa kita coba adalah dengan merestart ulang smartphone. Restart pada umumnya cukup efektif untuk menghilangkan berbagai bug dan lag yang mungkin terjadi pada sistem. Ada beberapa metode restart yang bisa kita coba:

  • Restart seperti biasa : Tekan tombol power dan pilih menu Restart.
  • Restart dengan kondisi headset terpasang : Pastikan headset masih terpasang saat kita melakukan restart, setelah HP menyala kamu bisa melepas headset tersebut. 
  • Restart dan lepas baterai : Jika HP kamu memiliki baterai yang dapat dilepas, kamu bisa mencoba melepas baterai setelah merestart HP. Kemudian pasang kembali baterai dan nyalakan. Cara ini sering digunakan dan disarankan oleh banyak teknisi HP.

4. Buka Simcard HP

Setelah kamu melakukan restart ulang HP, kamu juga bisa melepas atau membuka SIMcard yang ada pada HP. Karena permasalahan lambang headset pada xiaomi ini bisa disebabkan oleh bug. 

Caranya cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah. 

  • Pastikan HP dalam keadaan mati. 
  • Buka dan keluarkan SIMcard yang ada pada HP
  • Biarkan beberapa saat (minimal 1 menit)
  • Kemudian hidupkan HP dalam kondisi simcard tidak terpasang.

Setelah melakukan langkah diatas, pastikan kamu cek apakah logo headset sudah hilang atau belum. Apabila masih terdapat logo headset tersebut, kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

6. Update Pembaruan Sistem pada HP

Dari beberapa referensi yang kami baca, bahwa permasalahan ini juga berkaitan dengan sistem. Logo headset xiaomi ini muncul akibat adanya bug MIUI atau kesalahan pada sistem operasi. 

Jadi kamu bisa mencoba untuk melakukan pembaruan atau update sistem kamu ke yang paling terbaru :

Artikel Terkait  Download dan Install GCAM Redmi Note 9

Cara update sistem cukup mudah :

  • Pertama masuk ke pengaturan kemudian cek update terbaru
  • Apabila tersedia pembaruan, silakan download ke versi terbaru
  • Tunggu hingga selesai

8. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Apabila langkah-langkah diatas tidak juga bisa menghilangkan tanda earphone pada hp ketika sudah dicabut, maka kami sarankan anda untuk menggunakan aplikasi tambahan. Berikut aplikasi yang kami sarankan :

Aplikasi Headset Toggle

  • Download aplikasi Headset Toggle pada Playstore
  • Jalankan aplikasi 
  • Kemudian tekan gambar speaker untuk disable mode headset.

7. Lakukan panggilan dengan mode speaker

Melakukan panggilan keluar dan mengaktifkan speaker bertujuan agar suara kembali keluar tidak melalui headset. Melainkan langsung dari speaker dari HP kamu. 

Langkah ini diharapkan bisa menghilangkan bug pada xiaomi, dan menghilangkan icon headset pada layar HP kamu. 

  • Lakukan panggilan seperti biasa
  • Setelah tersambung dengan nomor yang kamu tuju.
  • Aktifkan speaker pada HP mu.
  • Kemudian akhiri panggilan.

Diharapkan apabila suara sudah bisa keluar lewat speaker HP, maka bug atau kesalahan logo headset pada layar smartphone kamu bisa hilang.

Cara ini kami dapat dari beberapa video yang ada di internet yang efektif dan menjadi rekomendasi salah satu cara menghilangkan tanda earphone pada hp ketika sudah dicabut. 

9. Lakukan Reset Ulang pada HP

Cara ini merupakan cara terakhir kami sarankan. Reset ulang adalah cara mengembalikan settingan HP kembali ke settingan pabrik.

Apabila permasalahan logo headset memang dikarenakan bug ada error sistem, dipastikan ini cara yang ampuh. Tapi ada baiknya anda melakukan backup terhadap file-file penting pada perangkat anda.

1. Buka menu setelan pada HP

2. Buka Setelan Tambahan

3. Cari Cadangkan dan pulihkan (untuk backup data)

4. Kemudian pilih “Setel ulang pabrik” untuk melakukan reset ulang

5. Tunggu beberapa saat hingga HP berhasil di reset

6. Kemudian hidupkan HP dan cek apakah logo headset telah berhasil hilang.

Penyebab HP Xiaomi Muncul Logo Headset

Logo headset yang muncul pada HP XIaomi bisa jadi karena ada beberapa permasalahan. Cara mengatasi mode headset pada xiaomi ini dapat dilakukan setelah kita mengetahui apa penyebab pastinya.

Berikut ada beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi : 

1. Ada Air pada Colokan Headset

Hal yang paling sering terjadi adalah ujung atau jack headset yang lembab atau terkena air. Kamu harus tahu bahwa terdapat material kuningan pada lobang audio HP.

Karena jack headset yang lembab atau basah, menyebabkan arus tegangan tidak full mengalir ke headset tersebut, yang bisa disebabkan adanya korosi. 

Artikel Terkait  Cara Mengatasi Steam Tidak Bisa Dibuka

2. Port Audio kotor

Bentuk port audio yang bulat, dan terletak pada bagian luar HP, bisa menjadi jalan masuk yang mudah bagi debu dan material kecil lainnya.

Hal ini biasanya terjadi secara tidak sengaja. Maka kami sarankan untuk membersihkan lubang port audio anda pada salah satu langkah diatas. 

3. Mencopot Headset tiba-tiba ketika video atau lagu masih berjalan

Ketika sedang memutar lagu atau menonton video, dan kemudian kamu mencabut headset secara tiba-tiba bisa juga menjadi salah satu penyebab icon headset tidak hilang pada HP xiaomi. 

Hal ini lebih ke arah bug pada sistem. Yang mana perubahan output suara yang terjadi secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Hal ini nyata dan sering di alami oleh banyak pengguna yang menggunakan HP xiaomi versi 4A dan 6X. 

4. HP Pernah kemasukan air

Nah ini juga menjadi salah satu alasan yang paling berat. Tidak hanya audio, layar juga bisa mengalami kerusakan atau error apabila hal ini terjadi.

Apabila kamu mengalami hal ini, cepat-cepat untuk mematikan HP. Kemudian kamu bisa keringkan dengan memasukkannya ke dalam tumpukan beras untuk waktu yang lama sampai benar-benar HP tersebut kering. 

5. Kesalahan sistem

Permasalahan tanda logo headset yang tidak hilang juga bisa disebabkan terjadinya kesalahan sistem.

Ketika bicara sistem, bisa jadi kamu pernah menggunakan firmware modif atau yang bukan bawaan, atau juga terserang malware atau virus. Atau juga karena adanya bug.

6. Sering menggunakan settingan volume paling tinggi di headset

Ketika memasang headset dan kamu hendak menaikkan volume ke yang paling tinggi, biasanya ada peringatan batas volume kan?

Nah banyak dari pengguna HP Xiaomi yang mengindahkan peringatan ini. Namun ada sebagian yang tidak terkena masalah, tapi tidak sedikit juga pengguna yang mengalami kendala logo headset yang muncul walaupun headset sudah di lepas.

Jadi kesimpulannya, cara menghilangkan tanda headset di HP terutama xiaomi ini bisa kamu lakukan secara mandiri.

Setelah kamu bisa mengidentifikasi apa penyebabnya, kamu bisa melakukan langkah-langkah solutif yang sudah kami tuliskan diatas.

Komentar