Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 11

Apakah Anda pernah mengalami lupa kata sandi atau password WiFi yang tersimpan di laptop Windows 11?? Atau mungkin Anda ingin tahu password WiFi tetangga atau di tempat umum yang ingin Anda gunakan?Jangan khawatir, karena kali ini kami akan memberikan tutorial tentang cara melihat password WiFi di laptop Windows 11.

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan, yaitu melalui menu “Settings” dan “Command Prompt”. Namun sebelum kita membahasnya secara mendalam, penting untuk diingat bahwa tutorial ini hanya berlaku untuk melihat password WiFi yang sudah tersimpan di windows 11 komputer Anda.

Jadi, jika Anda ingin mencari password WiFi yang belum pernah tersambung dengan komputer Anda atau mencari password Wi Fi orang lain, tutorial ini tidak akan berhasil. Namun, jika Anda ingin tahu cara melihat password WiFi yang tersimpan di laptop Windows 11 ataupun windows 10 Anda, simak terus tutorial ini.

Kami akan memberikan langkah-langkah untuk melihat password wifi di windows 11 yang mudah diikuti dan dilengkapi dengan gambar untuk memudahkan Anda dalam mengikuti tutorial ini.

Cara Melihat Password Wifi Di Windows 11

Pada kali ini ngopitekno akan membagikan cara melihat password wifi di windows 11 yang sudah pernah terkonek pada laptop kamu. Pada percobaan kali ini, laptop yang kami gunakan adalah laptop dengan spek medium dengan menggunakan sistem operasi Windows 11.

Dengan tampilan yang lebih modern dan fitur yang lebih canggih, Windows 11 menjadi pilihan banyak pengguna komputer. Namun, seperti halnya dengan sistem operasi baru lainnya, pengguna mungkin membutuhkan waktu untuk belajar cara mengoperasikan Windows 11 dengan benar.

Salah satu hal yang sering menjadi masalah adalah ketika pengguna lupa password jaringan WiFi mereka. Hal ini dapat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan, terutama jika Anda harus meminta ulang password WiFi kepada pemilik jaringan, seperti kantor ataupun cafe.

Tapi tenang saja, ada beberapa cara untuk melihat password Wi-Fi yang sudah pernah tersambung pada Laptop Anda. Berikut caranya :

1. Melihat Password WiFi Via Control Panel

Control Panel pada Windows 11 adalah tempat di mana kamu bisa mengatur berbagai pengaturan pada komputermu. Kamu bisa menemukan pengaturan untuk jaringan (LAN+WiFi), suara, tampilan, dan banyak lagi di sini. Pastikan kamu menggunakan wifi.

Untuk membuka Control Panel, kamu bisa mengetikkan “Control Panel” di kotak pencarian atau menggunakan pintasan keyboard Windows key + X. Jangan lupa untuk mengubah tampilan dari “View by: Category” menjadi “View by: Large icons” agar lebih mudah dilihat.

Berikut cara melihat password wifi di laptop windows 11 :

  1. Buka menu Network and Internetcara melihat password wifi di laptop windows 11
  2. Kemudian buka Network and Sharing Center. cara melihat password wifi di laptop windows 11
  3. Klik Wifi yang terhubung di laptop, posisi tulisan ini ada di samping judul Connection.cara melihat password wifi di laptop windows 11
  4. Setelah keluar jendela kecil, tap tombol Wireless Propertiescara melihat password wifi di laptop windows 11
  5. Arahkan ke menu tab Security, jangan lupa centang kotak Show charactercara melihat password wifi di laptop windows 11
  6. Kamu sudah berhasil melihat password dari wifi yang terhubung.

2. Melihat Password WiFi Via CMD

Kemudian ada satu cara yang lagi, yang tidak kalah efektif dan lebih simple. Ya, dengan menggunakan CMD. CMD atau Command Prompt adalah fitur comand (perintah) yang tersedia di sistem operasi Windows 11. Dengan CMD, kamu bisa melakukan berbagai perintah, termasuk melihat password Wi-Fi yang sedang tersambung pada laptop atau PC kamu.

Untuk membuka CMD pada Windows 11, kamu bisa menggunakan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik “cmd” pada kolom pencarian dan tekan Enter.

Selain itu, kamu juga bisa membuka CMD melalui menu Start dengan mengetik “cmd” pada kolom pencarian dan memilih aplikasi Command Prompt. Jika ingin membuka CMD dengan hak akses administrator, klik kanan pada aplikasi Command Prompt dan pilih “Run as administrator”. Dengan membuka CMD, kamu bisa melakukan berbagai perintah dan tugas di dalam sistem operasi Windows 11.

Berikut cara mengetahui password wifi di laptop windows 11 dengan CMD :

  1. Ketik dan buka CMD (Command Prompt), via Run as administrator
  2. Setelah terbuka, masukkan perintah netsh wlan show profiles.
  3. Tekan “Enter”, kemudian akan tampil semua jaringan yang sedang terkoneksi pada laptop mu.cara mengetahui password wifi di laptop windows 11
  4. Ketik perintah netsh wlan show profile “nama SSID”, nama SSID tersebut adalah nama dari Wifi-nya, kamu juga bisa lihat di bagian list atas. Jadi contohnya adalah netsh wlan show profile “Beringin Wash”cara melihat password wifi di laptop windows 11
  5. Ketik lagi perintah netsh wlan show profiles “nama SSID” key=clear cara melihat password wi-fi di laptop windows 11
  6. Password akan muncul pada bagian yang ditandaimelihat password wifi di laptop windows 11

Akhir Kata

Gimana? gampang bukan? setelah kami terangkan cara-caranya diatas, kami berharap artikel ini bisa membantu para sobat tekno untuk mengetahui cara melihat password wi-fi di laptop windows 11.

Komentar