Langkah Mudah Cara Membuat Power Point di Canva

Ngopitekno – Ingin tahu cara membuat power point di canva? Berikut akan kami ulas secara singkat, bagaimana cara membuat presentasimu menjadi lebih menarik dan unik.

Membuat presentasi yang menarik dan profesional menjadi sangat penting dalam menyampaikan ide dan informasi secara efektif.

PowerPoint adalah salah satu alat presentasi paling populer, tetapi bagaimana jika Anda ingin memberikan sentuhan kreatif pada slide PowerPoint Anda?

Jangan khawatir, dengan Canva, Anda dapat membuat slide PowerPoint yang menarik dan unik sesuai dengan keinginan Anda. Simak terus tutorial ini.

Cara Membuat Power Point di Canva

1. Buka Canva dan Pilih Template Slide PowerPoint

Pertama, buka Canva di perangkat Anda dan buat akun jika belum memiliki. Setelah masuk, pilih kategori “Presentasi” dan temukan berbagai template slide PowerPoint di Canva yang tersedia.

canva presentasi edited
Canva presentations

Pilih template yang sesuai dengan tema atau gaya presentasi kamu. Template Canva menawarkan banyak pilihan desain yang menarik dan sudah dirancang dengan baik.

Template ini bisa memberikan kamu banyak ide awal untuk memulai pembuatan slide presentasi kamu agar menjadi lebih menarik dan unik.

2. Sesuaikan Tema dan Desain Slide

Setelah memilih template, mulai sesuaikan tema dan desain slide kamu. Canva juga menyediakan beragam alat editing, seperti mengubah warna, menambahkan gambar, dan menyesuaikan teks.

kumpulan tema canva edited
Kumpulan Design dan Tema Canva

Variasikan alat-alat atau fitur yang sudah disediakan. Gunakan alat ini untuk menciptakan tampilan slide yang sesuai dengan selera dan tujuan presentasi kamu. Jangan ragu untuk mengeksplorasi berbagai kombinasi warna dan jenis font.

Pastikan bahwa desain slide kamu dapat mencerminkan identitas merek atau tema yang kamu inginkan untuk presentasi.

3. Tambahkan Konten ke Slide

Selanjutnya, tambahkan konten ke setiap slide. Pastikan informasi yang disajikan jelas dan ringkas. Hindari penggunaan teks yang terlalu banyak, karena bisa membuat audiens kehilangan fokus.

content slide canva edited

Gunakan teks yang mudah dibaca dengan ukuran font yang memadai. Selain teks, tambahkan juga gambar, grafik, atau video yang relevan untuk memperkuat pesan.

Penggunaan gambar atau grafik yang menarik dapat membantu memvisualisasikan data atau informasi yang kamu sampaikan, sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

4. Gunakan Efek dan Animasi

Agar presentasi Anda lebih menarik, kamu dapat menggunakan efek dan animasi yang disediakan oleh Canva. Efek transisi antar slide dan animasi objek dapat menambah daya tarik pada presentasi kamu loh!

canva animasi edited 1
Animasi canva

Terdapat banyak efek transisi yang disedikan oleh Canva, dan juga efek suara yang bervariasi. Sangkin banyaknya kamu bisa bingung memilih efek yang mana.

Agar kamu tidak bingung, pastikan penggunaan efek dan animasi tersebut tidak berlebihan, sehingga tidak mengganggu fokus audiens atau membuat presentasi terlalu berlebihan.

Ingatlah bahwa tujuan utama dari efek dan animasi adalah untuk meningkatkan pemahaman dan membuat presentasi lebih menarik, bukan mengalihkan perhatian audiens dari konten yang Anda sampaikan.

5. Simpan dan Unduh Presentasi

Setelah selesai merancang slide PowerPoint Anda, klik tombol “Simpan” dan pilih format file yang Anda inginkan (misalnya PDF atau PPTX).

langkah save canva ke ppt edited
Save powerpoint di canva

Anda juga dapat mengunduh presentasi ke komputer Anda untuk dipresentasikan secara langsung. Pastikan untuk menyimpan presentasi Anda dengan nama file yang sesuai dan di lokasi yang mudah diakses.

Ini akan membantu Anda menemukan presentasi dengan cepat saat membutuhkannya di masa mendatang.

Tips untuk Slide PowerPoint yang Menarik:

  • Gunakan font yang sesuai dan mudah dibaca.
  • Gunakan gambar berkualitas tinggi yang relevan dengan konten.
  • Pertimbangkan penggunaan palet warna yang konsisten dan menarik.
  • Gunakan tata letak slide yang sederhana dan tidak terlalu padat.
  • Jangan lupa untuk menyertakan slide pembuka dan penutup yang menarik.

Kami berharap dengan mengikuti langkah-langkah cara membuat power point di canva ini dapat membuat tampilan presentasi kamu menjadi lebih menarik dan memukau audiens kamu.

Kamu bisa menggabungkannya dengan kreativitas kamu sendiri, kamu dapat membuat slide PowerPoint di Canva dengan berbagai macam kombinas gambar, graphic, ataupun suara yang sesuai dengan gaya kamu.

Demikian artikel ini kami tulis untuk para pembaca setia kami. Kami berharap artikel ini bisa bermanfaat bagi banyak orang. Terima kasih!

Komentar