Cara Mengatasi Gpedit MSC Yang Tidak Bisa Dibuka

Gpedit.msc Tidak Bisa dibuka | Berikut Cara Mudah Mengatasinya!!
Gpedit.msc Tidak Bisa dibuka | Berikut Cara Mudah Mengatasinya!!

Ada beberapa pertanyaan, kenapa group policy editor (gpedit.msc) tidak bisa dibuka pada windows 10?. Padahal anda tidak melakukan modifikasi atau perubahan setingan pada PC/Laptop anda.

Hal ini menjadikan alasan penulis untuk membantu teman-teman mendapatkan solusi dari permasalahan gpedit.msc tidak bisa di buka.

Apa itu Gpedit MSC?

Gpedit atau singkatan dari Group Policy Editor adalah fitur dari Microsoft. FItur ini tidak tampil dengan secara kasat mata, maksud dari kasat mata ini adalah fitur ini tidak seperti control panel yang gampang di akses oleh pengguna Windows. Hal ini mungkin di sengaja oleh Windows, karena fitur ini sengaja di peruntukkan untuk pengguna komputer tingkat advance.

Gpedit merupakan fitur dari windows yang dapat mengatur banyak konfigurasi pada komputer, baik itu dari sisi keamanan, tampilan, aksesibilitas dan banyak konfigurasi yang dapat dilakukan oleh fitur ini.

Salah satu yang sering di gunakan pengguna komputer, fitur ini bisa mengatur “boot-time” dari komputer anda. Anda bisa mengaktifkan atau mendisable variabel yang memperlambat waktu boot windows.

Fitur ini juga bisa anda pergunakan untuk mendisable tampilan aktivasi windows yang sangat menggangu. Juga bisa untuk mendisable windows update yang terkadang membuat komputer anda berjalan lambat.

Penyebab Gpedit Tidak Bisa dibuka

Pengguna Windows 10 versi Home Edition sering mengalami kesulitan untuk mengakses atau membuka gpedit.

Padahal dengan versi windows yang lain, sangat gampang untuk mengakses fitur ini, hanya dengan menggunakan Windows + Run (Windows + R) kemudian anda tinggal mengetikkan command “gpedit.msc” pada RUN dialog box, maka fitur ini akan terbuka.

Lalu bagaimana cara mengaksesnya, apabila gpedit.msc tidak bisa dibuka?

Tenang, kami akan memberikan beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan.

Cara Mengatasi Gpedit MSC Yang Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan apabila gpedit.msc tidak bisa dibuka. Langkah ini aman dan bisa dilakukan oleh pengguna baru (beginner). Berikut cara-caranya :

1. Cara Membuka Gpedit.msc Dengan Powershell

Buka powershell pada windows

powershell

Kemudian download file ini gpedit.enabler.bat setelah itu anda klik kanan, Run as Administrator, kemudian tunggu beberapa saat sampai command prompt terbuka dan proses selesai.

gpedit.enabler.bat

Setelah proses diatas selesai anda lakukan, kemudian anda bisa mencoba membuka gpedit dengan cara seperti biasa yaitu dengan windows + run kemudian ketikkan gpedit.msc kemudian jalankan. Apabila tidak berhasil coba restart PC/Laptop anda.

2. Cara Buka Gpedit.msc Dengan “Policy Plus”

Langkah mudah berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan software yang hampir sama seperti gpedit.msc bawaan dari microsoft yaitu policy plus. Tampilan dari policy plus ini sangat mirip seperti bawaan dari windows, dan dilengkapi dengan fitur pencarian, sehingga memudahkan anda untuk mencari/mengganti policy (konfigurasi) yang ingin anda ubah.

  • Download policy plus
  • Gunakan winzip atau aplikasi pengekstrak file yang anda miliki
  • Kemudian extract dan jalankan aplikasi policyplus.exe
policy
policy plus

3. Membuka Gpedit,msc Dengan Memakai Installer

Hampir mirip dengan langkah/metode kedua. Anda dapat mendownload filenya disini, kemudian jalankan aplikasi gpedit installer. Sebelumnya extract terlebih dahulu, kemudian jalankan setup.exe (installer). Kemudian tunggu proses instalasi selesai. Anda bisa mencoba membuka gpedit.msc dengan cara biasa, yaitu windows + Run kemudian ketikkan gpedit.msc pada dialog box RUN

Demikian beberapa cara mudah untuk mengatasi gpedit.msc yang tidak bisa dibuka. Terutama pada windows 10 Home Edition yang sering mengalami hal ini. Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah ini. Tapi kami merangkum hal yang mudah dan gampang untuk dilakukan oleh pengguna tingkat beginner sampai yang sudah mahir. Semoga bermanfaat!

Hakeem W, seorang penulis dan bloger teknologi. Blog ini berisikan artikel informatif terbaru yang berhubungan dengan internet, teknologi dalam keseharian. Berbagai macam topik yang dibahas pada blog ini, dari komputer baik itu software/hardware, gadget, aplikasi, dan tutorial. Semua artikel diulas dengan bahasa yang sangat sederhana, agar pembaca setia dapat dengan mudah memahaminya.