Cara Mengetahui Merk Ram Laptop dan Desktop Komputer

Setelah mengetahui apa itu ram dan rom pada artikel sebelumnya. Penting juga untuk kamu ketahui merk RAM apa yang kamu gunakan pada laptop ataupun PC desktop kamu.

Untuk mengetahui merk RAM laptop tanpa bongkar pasang dan ribet akan kami jelaskan pada artikel kali ini. Namun sebelum itu akan kami berikan sedikit pemahaman bagi kamu apa pentingnya untuk mengetahui merk dari RAM yang terpasang pada laptop ataupun PC kamu.

Apakah merk RAM benar-benar mempengaruhi performa dari spesifikasi perangkat kita? Jawabannya adalah, tentu saja!

Merk RAM yang digunakan pada laptop atau komputer memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan performa dan kinerja perangkat tersebut.

[ez-toc]

Tidak hanya ukuran RAM saja yang wajib kamu hapal dan ketahui. Tetapi dengan mengetahui merk RAM yang digunakan, kita dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kemampuan dan kualitas perangkat kita.

Mengetahui Merk Ram Laptop

Mengetahui merk RAM laptop ada manfaat nya juga, karena merk RAM yang berbeda tentu pula memiliki karakteristik yang berbeda.

Beberapa merk RAM terkenal seperti Kingston, Corsair, dan Crucial, misalnya, dikenal memiliki kualitas yang sangat baik dan performa yang handal.

Dengan menggunakan RAM dari merk-merk tersebut, kita dapat memastikan bahwa perangkat kita akan berjalan dengan lancar dan responsif.

Selain itu, mengetahui merk RAM laptop juga dapat membantu kita dalam urusan upgrade RAM. Jika kita ingin menambah kapasitas RAM, dengan mengetahui merk RAM yang digunakan akan memudahkan kita dalam memilih RAM yang kompatibel dan sama dengan merk yang sebelumnya.

Cara Melihat Informasi Merk Memory RAM Laptop

cek merk ram laptop tanpa aplikasi dan bongkar

Sebenarnya kamu bisa cek merk dari ram laptop ataupun desktop PC kamu dengan kasat mata. Tapi sedikit ribet bagi yang awam. Karena mesti bongkar, dan buka RAM yang terpasang.

Nah ada cara mudah dan tidak repot kali ini yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Berikut cara mudahnya :

Cara Mengetahui Merk RAM Laptop Tanpa Aplikasi

Untuk cek merk RAM tanpa menggunakan aplikasi tambahan, kamu bisa menggunakan fitur yang ada pada Windows dengan cara berikut:

1. Buka Command Prompt (CMD) di komputer atau laptop kamu. Caranya, tekan tombol “Windows + R” pada keyboard, ketik “cmd” (tanpa tanda kutip), lalu tekan Enter.

cek merk ram laptop dengan rum cmd

2. Setelah Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut ini:

wmic memorychip get devicelocator, manufacturer

Kemudian tekan Enter.

Melihat Informasi Merek Memory RAM dengan cmd

3. Pada layar Command Prompt, kamu akan melihat informasi merk RAM yang kamu gunakan. Perhatikan bagian “Manufacturer”, di sana akan tertera merk RAM yang terpasang di komputer atau laptop kamu.

4. Jika pada bagian “Manufacturer” hanya muncul kode angka atau part number, kamu bisa melakukan copy paste kode angka tersebut di mesin pencari seperti Google. Dengan begitu, kamu akan melihat informasi lebih lanjut mengenai merk RAM yang kamu gunakan.

cara mengetahui merk ram laptop dengan cmd

Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah mengetahui merk RAM tanpa harus repot membongkar pasang laptop atau PC.

Selain itu, cara ini juga sangat mudah dilakukan oleh pemula yang belum terlalu familiar dengan teknologi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk mencoba sendiri dan memperoleh informasi yang kamu butuhkan mengenai merk RAM komputer kamu.

Cara Mengetahui Merk RAM Laptop dengan aplikasi

Melihat Informasi Merek Memory RAM CPU z

Untuk mengetahui merk ram laptop yang mudah dan gampang, kamu dapat menggunakan aplikasi bernama CPU-Z.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil dan dapat digunakan untuk memberikan informasi detail tentang spesifikasi hardware komputer, termasuk merk RAM yang digunakan.

Aplikasi ini juga memberikan informasi RAM DDR kamu, apakah ddr2, ddr3 atau yang lebih tinggi. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengetahui kapasitas dari RAM yang kamu pakai.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan CPU-Z dalam mengecek merk RAM:

1. Unduh dan instal aplikasi CPU-Z dari situs resminya atau dari sumber terpercaya lainnya.

2. Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi CPU-Z.

3. Pada tab “Memory”, Anda akan melihat informasi lengkap tentang RAM yang terpasang di komputer Anda, termasuk merk, tipe, kapasitas, dan kecepatan.

cara cek merk ram laptop dengan cpuz

4. Cari bagian yang menampilkan informasi merk RAM, dan Anda akan melihat merk RAM yang digunakan.

Cara diatas adalah cara mudah untuk mengetahui merk RAM laptop ataupun dekstop PC kamu tanpa harus membuka casing atau membongkarnya.

Cukup mudah bukan? Silahkan dicoba dan tinggalkan komentar apabila kamu mengalami kesulitan ataupun kendala.

Komentar