2 Cara Mengganti Password Wifi XL Home Lewat HP

Cara mengganti password wifi xl home – Kamu pakai XL home untuk koneksi internet? Nah ada salah satu sobat ngopitekno yang mengeluhkan kualitas jaringan internetnya. Yang mana sobat kita berlangganan provider internet XL Home untuk jaringan wifinya.

Kendala yang dikeluhkan adalah jaringan wi fi yang tiba-tiba tidak stabil atau lemot ketika bermain game. Begitu juga ketika browsing ataupun streaming.

Sebenarnya banyak faktor penyebab dari ketidak stabilan ini, bisa jadi mungkin jaringan internasional dan lokalnya yang mungkin sedang bermasalah.

Atau juga password wifi yang sudah diketaui banyak orang sekitar, sehingga dengan mudah diakses tanpa permisi. Itulah sebabnya kamu perlu tahu cara mengganti password wifi XL home.

Tapi pada kasus ini, kami curiga adanya kebocoran password wifi. Banyak terdapat ip yang tertaut pada modem wifi tersebut. Besar dugaan kami bahwa password wifi nya sudah bocor.

Oleh karena itu kami menyarankan untuk ganti password wifi XL home. Berikut cara Itulah sebabnya kamu perlu tahu cara mengganti password wifi XL home

Cara Mengganti Password Wifi XL Home

Ada dua cara yang dapat kamu gunakan yaitu tanpa aplikasi dan juga dengan aplikasi tambahan.

Berikut adalah cara mudah ganti sandi wifi baik yang menggunakan modem router Tp Link ataupun huawei. Rata-rata pengguna XL Home wireless menggunakan dua jenis router modem ini.

Cara tukar password wifi ini dapat dilakukan lewat HP. Sebelum mengikuti cara ganti password wifi tp link dan huawei ini.

  • Pastikan kamu tahu alamat IP yang digunakan oleh modem router wifi, biasanya secara default ip modem wifi menggunakan ip “192.168.1.1” atau “192.168.0.1”
  • Pastikan kamu mengetahui sandi router bawaan. Informasi ini biasanya terletak dibelakang modem.
  • Pastikan HP mu dapat terkoneksi dengan router wifi.

Cara Ganti Pasword Wifi XL Home Lewat HP Tanpa Aplikasi

Ganti sandi tp link ataupun huawei hampir mirip, jangan bingung apa bila kamu memiliki jenis modem router wifi yang berbeda. Caranya hampir sama saja.

1. Masukkan IP Address dari router modem wifi

ganti password wifi xl home

Buka browser HP dan kemudian ketikkan “192.168.0.1” pada kolom pencarian untuk modem tp link

2. Masukkan username dan password admin

ganti password wifi xl home

Masukkan username dan passsword router mu, biasanya informasi ini terdapat pada bagian belakang modem tersebut.

3. Masuk ke menu Basic —> Wireless

ganti password wifi xl home tp link

Kamu dapat mengubah sandi lama ke sandi wifi yang terbaru pada kolom “password”

4. Ubah sandi wifi

ganti password wifi xl home tp link

Terdapat kolom password pada sebelah kanan, isikan dengan sandi atau password baru, kombinasikan angka dan alpabet untuk mengamankan jaringan wifi mu.

5. Simpan setelan dan selesai

Simpan password baru mu dengan klik Save, kemudian kembali ke Home. Tekan refresh beberapa kali, kemudian tunggu beberapa saat sampai HP mu bisa terhubung kembali ke modem router.

Cara Ganti Pasword Wifi XL Home Lewat Aplikasi Huawei Hilink

1. Download dan install aplikasi Huwe Hilink, aplikasi ini ada dan tersedia pada google store ataupun play store.

Cara Ganti Pasword Wifi XL Home Lewat Aplikasi Huawei Hilink

2. Pilih setup

Pilih “setup” yang terdapat pada bagian bawah aplikasi yang sudah terinstal.

3. Pilih jaringan wifi yang akan di ubah passwordnya

Hubungkan HP mu dengan jaringan wifi mu, agar bisa masuk untuk mengganti kata sandi wifi.

4. Ubah santi wifi baru

ubah sandi wifi xl home

Pada halaman ini akan tampil password lama, silahkan hapus password yang lama. Kemudian masukkan kata sandi yang baru.

5. Simpan password wifi baru

Cara ganti password xifi xl home

Tunggu beberapa saat, kemudian restart perangkat mu. Selesai.

Tujuan dan manfaat mengganti password wifi XL Home

Ada beberapa manfaaat dengan rutin mengganti password wifi, salah satunya adalah menghindari pemakaian oleh orang yang tidak kamu izinkan.

Terkadang teman atau kerabat yang kamu berikan izin untuk mengakses jaringan wifi mu, memberitahukan juga kata sandi ke orang lain yang tidak kamu kenal.

Atau bisa jadi ada yang berhasil membobol masuk ke dalam jaringan mu, yang dikarenakan kamu masih menggunakan settingan default yang sangat mudah untuk di bobol.

Jadi dengan mengganti sandi wifi dengan rutin, kamu akan membatasi siapa saja yang bisa mengakses jaringanmu. Jadi jaringan tidak sering lemot dan juga aman.

Kesimpulan

Cara-cara diatas bisa kamu coba dan ikuti langkah-langkahnya, untuk mengantisipasi banyaknya pengguna asing yang mengakses jaringan wifi mu.

Mengakibatkan terganggunya jaringan atau jaringan menjadi lambat. Jadi dengan melakukan langkah diatas diharapkan IP yang terhubung ke jaringan wifi mu adalah milik orang-orang terdekat yang kamu kenal.

Komentar