4 Cara Reset Hp Xiaomi Support [All Type]

Xiaomi, merek smartphone yang tak asing lagi di telinga kita. Dengan harga terjangkau dan spesifikasi yang memukau, Xiaomi berhasil mencuri perhatian pasar Indonesia. Tidak hanya itu, fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh produk-produk Xiaomi membuatnya semakin diminati.

Namun, seperti halnya smartphone lainnya, Xiaomi juga tidak luput dari masalah seperti hang atau error ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game berat. Jika masalah ini terus berlanjut, melakukan reset pada Hp Xiaomi menjadi solusi yang paling ampuh.

Namun, sebelum melakukan reset, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan semua data penting telah di backup terlebih dahulu agar tidak hilang saat proses reset dilakukan.

Ada beberapa cara reset HP Xiaomi semua type, simak penjelasan berikut.

Bagaimana Cara Reset Hp Xiaomi?

Berikut adalah beberapa cara reset hp xiaomi. Ada beberapa cara yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini, yaitu melalui Setelan, Mi Recovery, TWRP dan ADB Fastboot.

Cara-cara ini sudah umum dan sering dilakukan, karena gampang untuk kamu lakukan. Dan metode ini cocok untuk semua seri xiaomi, baik dari model lawas hingga model terbaru. Cocok juga untuk MIUI 6, MIUI 7, MIUI 8, MIUI 9, MIUI 10 dan MIUI 11 dengan sistem operasi baik itu Android Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo bahkan Android Pie.

Sebelum mempraktekkan cara yang akan kami jabarkan pada artikel kali ini, ada baiknya anda melakukan backup data, baik itu berupa gambar, foto, video atau file-file penting lainnya yang sudah tersimpan pada memory perangkat xiaomi anda.

Karena metode reset ini akan menghapus semua data, game, ataupun aplikasi yang sudah terpasang pada perangkat yang akan direset. Dan kamu juga harus ingat login dan password akun google dan xiaomi yang kamu daftarkan pada perangkat.

1. Reset Xiaomi Melalui Pengaturan

Metode pertama adalah melakukan reset xiaomi lewat pengaturan, cara ini sering digunakan oleh banyak pengguna advance. Alasannya adalah sebagai berikut :

Factory Reset melalui pengaturan adalah proses mengembalikan perangkat Xiaomi ke kondisi awal atau seperti baru keluar dari pabrik. Jika kamu memiliki masalah pada perangkat Xiaomi. Misalnya, jika perangkat mengalami kinerja yang lambat, sering mengalami crash atau hang, atau terinfeksi virus, Factory Reset dapat menjadi solusi yang efektif.

Dengan mengembalikan perangkat ke kondisi awal, semua pengaturan dan data yang tidak perlu akan dihapus, sehingga perangkat dapat berfungsi dengan lebih baik dan lebih responsif.

Selain itu, Factory Reset juga dapat membantu mengatasi masalah dengan penyimpanan penuh. Ketika penyimpanan internal perangkat hampir penuh, perangkat dapat menjadi lambat dan tidak responsif.

Dengan melakukan Factory Reset, semua data dan aplikasi yang tidak perlu akan dihapus, sehingga memberikan ruang penyimpanan yang lebih besar dan membantu meningkatkan kinerja perangkat.

Secara keseluruhan, Factory Reset melalui pengaturan adalah metode yang banyak digunakan oleh pengguna Xiaomi karena kemudahannya, kemampuannya untuk mengatasi berbagai masalah, dan memberikan perangkat yang lebih responsif. Dengan melakukan Factory Reset secara teratur, pengguna dapat menjaga kinerja dan performa perangkat Xiaomi mereka tetap optimal.

cara reset hp xiaomi 1

Berikut cara reset xiaomi lewat pengaturan :

  1. Buka menu ‘Setelan’ di HP Xiaomi, kemudian pilih “Setelan Tambahan” 
  2. Kemudian pilih “Buat cadangan & setel ulang”
  3. Langkah berikutnya pilih “Kembalikan ke setelan pabrik” pada menu tersebut terdapat pilihan “Data Personal” kemudian klik tombol “Setel Ulang Telepon” yang ada di bawah.
  4. Ada pilihan “Hapus isi yang tersimpan” maka semua data baik itu foto,video dan lain-lain akan ikut terhapus.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai
  6. HP akan terestart otomatis dan proses telah selesai.
  7. Proses ini dapat dilakukan tanpa bantuan aplikasi tambahan atau perangkat lainnya. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot mencari atau mengunduh aplikasi tambahan untuk melakukan reset.
Artikel Terkait  3+ Cara Minimize YouTube di HP Xiaomi Bisa Nonton Sambil Buka Aplikasi Lain

2. Hard Reset Via Recovery

Cara kedua adalah dengan Hard Reset via Recovery yang merupakan metode yang dapat mengatasi berbagai masalah. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan metode ini :

1. Mengatasi masalah lupa pola atau password: Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna adalah lupa pola atau password yang digunakan untuk mengunci smartphone. Dengan melakukan Hard Reset via Recovery, pengguna dapat menghapus semua data pengguna, termasuk pola atau password yang lupa, sehingga dapat mengakses kembali smartphone mereka.

2. Mengatasi masalah bootloop: Bootloop adalah masalah di mana smartphone terjebak dalam siklus restart terus-menerus. Metode Hard Reset via Recovery dapat membantu mengatasi masalah ini dengan menghapus semua data dan mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik.

3. Mengatasi masalah kinerja lambat: Jika smartphone Xiaomi Anda mulai terasa lambat dan tidak responsif, melakukan Hard Reset via Recovery dapat membantu memperbaiki masalah ini. Dengan menghapus semua data dan mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik, Anda dapat menghilangkan file-file yang tidak perlu dan mengoptimalkan kinerja perangkat.

4. Mengatasi masalah aplikasi bermasalah: Jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi tertentu yang sering crash atau tidak berfungsi dengan baik, melakukan Hard Reset via Recovery dapat membantu memperbaiki masalah ini.

5. Mengatasi masalah virus atau malware: Jika smartphone Xiaomi Anda terinfeksi virus atau malware, melakukan Hard Reset via Recovery dapat membantu membersihkan perangkat dari ancaman tersebut. Dengan menghapus semua data, termasuk file-file yang terinfeksi, Anda dapat memulai ulang perangkat dengan keadaan yang bersih dan aman.

cara reset hp xiaomi 2

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan Hard Reset melalui Recovery pada perangkat Xiaomi:

  1. Matikan perangkat Xiaomi Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol Power + Volume Up secara bersamaan sampai muncul logo Xiaomi.
  3. Setelah muncul logo Xiaomi, lepaskan tombol Power tetapi tetap tahan tombol Volume Up.
  4. Anda akan masuk ke menu recovery Xiaomi.
  5. Pada menu recovery, pilih opsi bahasa yang diinginkan, misalnya “Bahasa Inggris”.
  6. Selanjutnya, pilih opsi “Wipe data/Factory Reset”.
  7. Pilih opsi “All Wipe Data” untuk menghapus semua data pada perangkat Xiaomi.
  8. Konfirmasikan pilihan dengan menekan tombol “Yes”.
  9. Tunggu proses Hard Reset (Wipe Data) selesai.
  10. Setelah proses selesai, pilih opsi “Reboot” untuk me-reboot perangkat Xiaomi Anda.
  11. Perangkat Xiaomi Anda akan memulai ulang dan Hard Reset telah berhasil dilakukan.
  12. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melakukan Hard Reset melalui Recovery pada perangkat Xiaomi dengan mudah dan cepat.

3. Cara Reset Dengan TWRP

Cara berikut untuk reset HP xiaomi berikutnya adalah dengan metode TWRP, metode ini merupakan salah satu cara yang direkomendasikan untuk mereset HP Xiaomi. Ada beberapa alasan untuk menggunakan metode ini. Berikut beberapa keuntungan menggunakan metode reset dengan TWRP:

  1. Memulihkan sistem yang rusak: Metode reset dengan TWRP dapat membantu memulihkan sistem yang rusak atau mengalami crash. Jika HP Xiaomi Anda mengalami masalah seperti bootloop, hang, atau masalah lain yang tidak dapat diatasi dengan cara biasa, metode ini dapat menjadi solusi yang efektif.
  2. Menghapus data dengan aman: Dalam proses reset dengan TWRP, Anda memiliki opsi untuk menghapus semua data pada perangkat Xiaomi Anda. Hal ini berguna jika Anda ingin menjual atau memberikan perangkat kepada orang lain, atau jika Anda ingin memulai dari awal dengan perangkat yang bersih.
  3. Menginstal custom ROM: Metode reset dengan TWRP juga memungkinkan Anda untuk menginstal custom ROM pada perangkat Xiaomi Anda. Dengan menginstal custom ROM, Anda dapat mengubah tampilan dan fitur perangkat sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Mengoptimalkan kinerja perangkat: Reset dengan TWRP juga dapat membantu mengoptimalkan kinerja perangkat Xiaomi Anda. Dengan menghapus data yang tidak perlu atau tidak digunakan, Anda dapat membebaskan ruang penyimpanan dan meningkatkan performa perangkat.
Artikel Terkait  3 Cara Menghilangkan Virus di HP Xiaomi, Waspadai Virus

Beberapa masalah yang dapat diatasi dengan metode reset menggunakan TWRP antara lain:

  • Bootloop: Jika perangkat Xiaomi Anda terjebak dalam siklus bootloop, metode reset dengan TWRP dapat membantu memperbaikinya.
  • Lupa pola atau sandi: Jika Anda lupa pola atau sandi kunci layar perangkat Xiaomi Anda, metode reset dengan TWRP dapat membantu Anda mengakses perangkat kembali tanpa harus menghapus semua data.
  • Masalah sistem: Jika perangkat Xiaomi Anda mengalami masalah sistem seperti error atau crash, metode reset dengan TWRP dapat membantu memperbaikinya.
  • Menghapus aplikasi bawaan: Metode reset dengan TWRP juga memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak digunakan atau tidak diinginkan pada perangkat Xiaomi Anda.

Dengan menggunakan metode reset dengan TWRP, Anda dapat dengan mudah memperbaiki masalah pada perangkat Xiaomi Anda dan mengoptimalkan kinerjanya.

cara reset hp xiaomi 3

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan Reset dengan metode TWRP pada HP Xiaomi:

  1. Pertama, pastikan Anda telah menginstal TWRP Recovery pada perangkat Xiaomi Anda.
  2. Matikan HP Xiaomi Anda dan masuk ke mode recovery dengan menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan.
  3. Setelah masuk ke mode recovery TWRP, Anda akan melihat antarmuka TWRP yang berbeda dengan mode recovery bawaan.
  4. Pada interface TWRP, pilih opsi “Wipe” atau “Pembersihan” untuk memulai proses reset.
  5. Di dalam opsi “Wipe”, Anda akan melihat beberapa opsi lain seperti “Wipe Dalvik Cache”, “Wipe Cache”, dan “Wipe Data”.
  6. Pilih opsi “Wipe Data” untuk menghapus semua data pengguna, termasuk aplikasi, pengaturan, dan file yang tersimpan di memori internal.
  7. Setelah memilih opsi “Wipe Data”, konfirmasikan pilihan dengan menggeser slider atau memilih opsi “Yes” jika diminta.
  8. Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai. Anda dapat melihat status proses reset di bagian bawah layar.
  9. Setelah proses reset selesai, kembali ke menu utama TWRP dan pilih opsi “Reboot” atau “Mulai Ulang”.
  10. HP Xiaomi Anda akan secara otomatis melakukan reboot dan kembali ke pengaturan awal seperti saat pertama kali Anda membelinya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melakukan reset pada HP Xiaomi menggunakan metode TWRP. Pastikan untuk mencadangkan semua data penting sebelum melakukan reset, karena proses ini akan menghapus semua data yang ada di perangkat Anda.

4. Reset Melalui Fastboot

Cara reset hp xiaomi berikutnya adalah dengan menggunakan metode Fastboot, yaitu salah satu cara reset yang dapat digunakan pada perangkat Xiaomi.

Metode ini biasanya digunakan karena alasan bootloop atau lupa pola dan tidak bisa masuk ke recovery ataupun yang setelah memasang TWRP mengalami enskripsi data atau internal storage terbaca 0 Mb.

Sebelum kita masuk ke langkah dan caranya, ada baiknya kamu paham alasan menggunakan metode ini :

  1. Cepat dan efisien: Metode Fastboot memungkinkan reset perangkat Xiaomi dengan cepat dan efisien. Proses reset dapat dilakukan dalam waktu singkat tanpa perlu melalui menu pengaturan atau menggunakan Mi Cloud.
  2. Mengatasi masalah bootloop: Jika perangkat Xiaomi mengalami masalah bootloop, yaitu tidak dapat masuk ke sistem operasi, metode Fastboot dapat digunakan untuk memperbaikinya. Dengan melakukan reset melalui Fastboot, perangkat dapat kembali normal dan dapat digunakan seperti biasa.
  3. Memperbaiki kerusakan sistem: Jika perangkat Xiaomi mengalami kerusakan sistem yang tidak dapat diperbaiki melalui metode lain, seperti hang atau crash aplikasi yang berulang, metode Fastboot dapat menjadi solusi. Dengan melakukan reset melalui Fastboot, sistem perangkat akan kembali segar dan dapat berfungsi dengan baik.
  4. Menghapus data pribadi secara menyeluruh: Metode Fastboot dapat digunakan untuk menghapus semua data pribadi yang tersimpan di perangkat Xiaomi. Ini sangat berguna jika Anda ingin menjual atau memberikan perangkat kepada orang lain, sehingga data pribadi Anda tidak dapat diakses oleh pihak lain.
Artikel Terkait  4+ Cara Menampilkan Nama Operator di Xiaomi Redmi 6A Dengan Mudah!!

Beberapa masalah yang dapat diatasi dengan metode Fastboot antara lain:

  • Perangkat Xiaomi yang mengalami masalah bootloop.
  • Perangkat Xiaomi yang mengalami kerusakan sistem yang tidak dapat diperbaiki.
  • Perangkat Xiaomi yang ingin dijual atau diberikan kepada orang lain dan ingin menghapus semua data pribadi.

Dengan menggunakan metode Fastboot, Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah-masalah tersebut dan mengembalikan perangkat Xiaomi ke kondisi semula.

cara reset hp xiaomi 4

Berikut adalah langkah-langkah cara reset dengan metode fastboot pada Xiaomi semua tipe dan jenis:

  1. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal driver USB Xiaomi di komputer Anda.
  2. Matikan ponsel Xiaomi Anda.
  3. Tekan dan tahan tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai muncul logo fastboot Xiaomi.
  4. Sambungkan ponsel Xiaomi Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  5. Buka Command Prompt di komputer Anda.
  6. Ketikkan perintah “fastboot devices” untuk memastikan bahwa ponsel Xiaomi Anda terdeteksi oleh komputer.
  7. Jika ponsel Xiaomi Anda terdeteksi, ketikkan perintah “fastboot erase userdata” untuk menghapus semua data pengguna.
  8. Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai.
  9. Setelah selesai, ketikkan perintah “fastboot reboot” untuk me-reboot ponsel Xiaomi Anda.
  10. Ponsel Xiaomi Anda akan mulai reboot dan kembali ke pengaturan pabrik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melakukan reset dengan metode fastboot pada ponsel Xiaomi Anda. Pastikan untuk melakukan backup data penting sebelum melakukan reset, karena semua data akan dihapus selama proses ini.

Demikianlah cara reset HP Xiaomi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi pada perangkat Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah melakukan hard reset atau factory reset pada HP Xiaomi Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga informasi yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) beserta disclaimer yang perlu Anda ketahui:

FAQ:

1. Apakah reset HP Xiaomi akan menghapus semua data saya?

Ya, saat Anda melakukan reset HP Xiaomi, semua data yang tersimpan di perangkat akan dihapus. Pastikan Anda telah melakukan backup terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses reset.

2. Apakah reset HP Xiaomi dapat mengatasi masalah bootloop?

Tidak, jika HP Xiaomi Anda mengalami masalah bootloop, melakukan reset mungkin tidak akan berhasil. Anda perlu mencari solusi lain atau menghubungi layanan purna jual Xiaomi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

3. Apakah saya perlu login ke akun Mi untuk melakukan reset melalui Mi Cloud?

Ya, untuk melakukan reset melalui Mi Cloud, Anda perlu login menggunakan akun Mi Anda. Pastikan Anda telah mengingat email, nomor HP, dan kata sandi yang terkait dengan akun Mi Anda.

Disclaimer:

  • Artikel ini hanya memberikan panduan umum tentang cara reset HP Xiaomi. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan data yang mungkin terjadi selama proses reset.
  • Pastikan Anda telah membackup semua data penting sebelum melakukan reset.
  • Jika Anda tidak yakin atau merasa tidak nyaman melakukannya sendiri, disarankan untuk menghubungi layanan purna jual Xiaomi atau teknisi yang terpercaya.
  • Setiap tindakan yang Anda lakukan terhadap perangkat Anda sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Terima kasih telah mengunjungi situs kami dan semoga Anda berhasil melakukan reset HP Xiaomi dengan lancar.

Komentar