Apa Itu Dead Pixel Pada Laptop dan Cara Mengatasinya?

Dead pixel pada laptop mungkin pernah kamu alami. Namun bisa jadi kamu tidak menyadarinya. Mengapa demikian? Pada beberapa kasus dead pixel ini tidak terdeteksi secara kasat mata apabila masih dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Namun apabila hal ini terus menerus dibiarkan, bisa menjalar dan juga bertambah banyak, yang akhirnya bisa terdeteksi secara kasat mata. Apabila sudah masuk ke kondisi tersebut, tentu saja tampilan layar laptop akan terasa risih untuk dilihat.

Penjelasan Tentang Dead Pixel Pada Laptop

macam macam dead pixel pada laptop
contoh dead pixel pada laptop

Ada baiknya kami jelaskan terlebih dahulu apa itu dead pixel. Dead pixel ini adalah sejenis kerusakan yang berhubungan erat dengan display layar monitor, baik itu monitor PC atau pun laptop.

Dead pixel adalah masalah yang sering terjadi pada layar monitor. Ditandai dengan sebagian kecil dari layar yang tidak menampilkan warna yang seharusnya, seperti spot warna hitam, putih, hijau, merah atau warna lain yang tidak berubah.

Penyebab dead pixel bisa bervariasi mulai dari kerusakan fisik hingga kesalahan produksi atau usia layar yang sudah tua. Meskipun dead pixel biasanya tidak berbahaya bagi kesehatan, namun hal ini sangat mengganggu pandangan mata jika jumlahnya banyak atau berada di area yang sering dilihat.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghindari dan mengatasi dead pixel pada layar monitor. Kali ini, kami akan membahas tentang :

  • Jenis-jenis dead pixel
  • Penyebab dead pixel
  • Cara mencegah dead pixel
  • Cara memperbaiki dead pixel

Jenis-jenis Dead Pixel Pada Laptop

Dari berbagai sumber dan forum internet yang sudah kami jelajahi dan juga berdasarkan pengalaman pribadi kami. Dead pixels ini bisa dalam berbagai macam bentuk. Berikut adalah jenis-jenis dead pixel pada laptop berdasarkan dari bentuknya.

  • Dead pixel dot (titik) : terlihatnya titik hitam, putih, ataupun rona pada layar laptop yang tidak memperlihatkan warna yang semestinya. Ini terjadi lantaran piksel tidak menerima arus listrik ataupun sinyal dari transistor. Dead pixel dot dapat terjadi karna kerusakan elemen perangkat, benturan, layar yang tertekan secara tidak sengaja, ataupun umur layar.
  • Dead pixel garis : ditandai dengan adanya garis hitam, putih, atau berwarna yang muncul di layar laptop dan tidak menampilkan warna yang seharusnya. Hal ini disebabkan oleh sejumlah piksel yang berdekatan tidak berfungsi dengan baik.
  • Dead pixel area : ditandai dengan adanya area hitam, putih, atau berwarna dalam bentuk spot yang lebih besar. Disebabkan karena adanya dead pixel dalam jumlah yang besar di wilayah tertentu. Biasanya diakibatkan karena benturan atau tertekan benda yang sangat berat pada layar.

Penyebab Dead Pixel Pada Laptop

Dead pixel pada laptop disebabkan oleh kerusakan pada piksel yaitu unit terkecil di layar. Hal ini dapat disebabkan oleh cacat produksi, kerusakan fisik, penggunaan berlebihan atau masalah dengan driver dan firmware laptop.

Secara umum, dead pixel bisa disebabkan oleh kerusakan komponen hardware (kabel flexibel), guncangan atau benturan yang sangat keras, tekanan yang terlalu berat, dan usia layar yang sudah tua. Kerusakan ini bisa merusak panel LCD atau mengganggu distribusi cairan kristal pada layar monitor.

Layar monitor yang sudah digunakan dalam waktu lama juga bisa mengalami penurunan kualitas dan menyebabkan dead pixel.

Bagaimana Cara Memperbaiki Dead Pixel Pada Laptop?

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki dead pixel yang sangat mengganggu pada layar laptop kamu.

I. Cara Manual

Cara manual ini kami sarankan bagi kamu yang mengalami dead pixel yang belum cukup parah dan masih sedikit saja. Dapat dilakukan untuk memperbaiki dead pixel yang berbentuk garis ataupun titik (dot).

Menggunakan metode tekanan

Cara ini dilakukan dengan menekan area dead pixel dengan lembut menggunakan ujung pensil, kapas, atau benda lain yang bersih dan tidak tajam. Tekanan ini bertujuan untuk merangsang piksel yang macet untuk kembali berfungsi. Cara ini bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Hidupkan layar monitor dan pasang wallpaper atau gambar berwarna hitam yang bertujuan agar kamu bisa melihat area yang terkena dead pixel.
  • Ambil kain lembab dan tekan ke area dead pixel dengan lembut menggunakan ujung pensil, kapas, atau benda lainnya. Lakukan selama beberapa detik (10-30 detik).
  • Matikan layar monitor dan hidupkan kembali. Periksa apakah dead pixel sudah hilang atau berkurang. Jika belum, ulangi langkah sebelumnya

II. Menggunakan Software Khusus

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan bantuan aplikasi ataupun software yang dapat membantu menghilangkan dead pixel pada laptop. Ada beberapa software yang bisa digunakan, seperti Dead Pixel Tester, JScreenFix, atau PixelHealer.

Software ini berfungsi untuk menggerakkan warna-warna berbeda pada area dead pixel secara cepat dan berulang-ulang, dengan harapan bisa memperbaiki koneksi antara piksel dan transistor. Software ini bisa didownload dari internet secara gratis atau berbayar.

Pixel Repairer

Kali ini kami akan rekomendasikan salah satu aplikasi yang bernama Pixel Repairer yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki dead pixel pada monitor mu. Berikut adalah caranya :

  • Pertama, Cari dan install aplikasi Pixel Repairer. Kamu bisa browsing atau googling untuk bisa mendapatkan file installernya.
  • Kedua, setelah menginstal aplikasinya, jalankan aplikasi Pixel Repairer.exe
  • Ketiga, pindahkan kotak noise ke area dead pixel yang ingin kamu perbaiki. Kamu bisa menggunakan mouse atau keyboard untuk menggerakkan kotak noise tersebut. Pastikan kotak noise tersebut menutupi seluruh area dead pixel yang ada.
  • Keempat, biarkan kotak noise tersebut berjalan selama beberapa menit (10-20 menit). Jangan menutup aplikasi selama proses perbaikan berlangsung. Kotak noise tersebut akan menggerakkan warna-warna berbeda pada area dead pixel yang bertujuan untuk memperbaiki koneksi antara piksel yang mati dan transistor.
  • Kelima, setelah selesai, periksa apakah dead pixel sudah hilang atau berkurang. Jika ya, maka selamat!!! kamu berhasil memperbaiki dead pixel. Jika tidak, kamu boleh mengulangi proses perbaikan beberapa kali sampai berhasil.

Berikut tutorial videonya jika kamu bingung dengan instruksi tekstual yang kami berikan :

III. Menggunakan Metode Pemanasan

Cara ini dilakukan dengan menghangatkan area dead pixel dengan hair dryer, pemanas listrik, atau benda lain yang bisa menghasilkan panas. Panas ini bertujuan untuk melonggarkan koneksi antara piksel dan transistor yang mungkin kaku atau rapuh. Cara ini bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut :

  • Hidupkan layar monitor dan pasang wallpaper atau gambar berwarna putih agar area dead pixel terlihat
  • Ambil kain lembap dan tutupi area dead pixel dengan kain tersebut. Pastikan kain tidak basah atau meneteskan air ke layar monitor.
  • Ambil hair dryer, pemanas listrik, atau benda lain yang bisa menghasilkan panas. Nyalakan dan arahkan ke area dead pixel dengan jarak sekitar 5-10 cm. Lakukan selama beberapa detik (10-30 detik).
  • Matikan layar monitor dan hidupkan kembali. Periksa apakah dead pixel sudah hilang atau berkurang. Jika belum, ulangi langkah sebelumnya.

Disclaimer!!!

Untuk melakukan langkah ketiga ini perlu diingat bahwa cara-cara di atas tidak selalu berhasil dan bisa berisiko merusak layar monitor lebih lanjut. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli atau teknisi sebelum mencoba cara-cara tersebut. Jika dead pixel tidak bisa diperbaiki, maka solusi terakhir adalah mengganti layar monitor dengan yang baru.

Cara Mencegah Dead Pixel

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya dead pixel pada layar monitor, antara lain :

  • Menjaga suhu layar monitor tetap normal : layar monitor yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa menyebabkan dead pixel pada layar monitor. Oleh karena itu, hindari menempatkan layar monitor di tempat yang terkena sinar matahari langsung, di dekat sumber panas, atau di ruangan yang ber-AC. Jika layar monitor terasa panas, matikan dan biarkan dingin terlebih dahulu sebelum menghidupkannya lagi.
  • Membersihkan layar monitor secara rutin dan hati-hati : layar monitor yang kotor bisa menyebabkan dead pixel pada layar monitor. Oleh karena itu, bersihkan layar monitor secara rutin dengan kain lembut yang tidak menggores, seperti kain microfiber. Jangan gunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol, asam, atau bahan kimia lainnya. Jangan juga menekan layar monitor terlalu keras saat membersihkannya.
  • Menghindari tekanan berlebihan pada layar monitor : layar monitor yang terkena tekanan berlebihan bisa menyebabkan dead pixel pada layar monitor. Oleh karena itu, hindari menempatkan benda berat di atas layar monitor, menekan layar monitor dengan jari atau benda lainnya, atau membuka dan menutup layar monitor dengan kasar. Jika layar monitor terbentur atau terjatuh, periksa apakah ada dead pixel yang muncul.
  • Mengatur tingkat kecerahan dan kontras layar monitor sesuai dengan kondisi cahaya sekitar : layar monitor yang terlalu terang atau terlalu gelap bisa menyebabkan dead pixel pada layar monitor. Oleh karena itu, atur tingkat kecerahan dan kontras layar monitor sesuai dengan kondisi cahaya sekitar. Jangan gunakan layar monitor dengan kecerahan atau kontras yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika layar monitor terasa silau atau buram, ubah pengaturannya.

Kesimpulan

Pada artikel ini kami sudah jelaskan kepada kamu apa itu dead pixel, jenis dead pixel yang berupa garis ataupun titik, cara memperbaiki dead pixel dan juga kami sertakan contoh laptop yang sudah terkena dead pixel pada layarnya.

Kami berharap dengan adanya artikel ini, kamu bisa mengidentifikasi permasalahan dead pixel pada layar laptop ataupun PC kamu, dan sudah kami sertakan juga beberapa cara mengatasi dead pixel yang bisa kamu lakukan secara manual.

Namun apabila cara-cara yang kami sarankan tidak berhasil, sebaiknya kamu konsultasikan dengan teknisi atau segera datangi service center yang terdekat.

Komentar