Analisis SWOT – Mengenal Manfaat dan Faktor Bagi Perusahaan

analisis SWOT

SWOT berasal dari kata Strength, Weakness, Opportunities, Threats. Analisis SWOT sendiri adalah salah satu teknik perencanaan strategi yang berfungsi untuk mengevaluasi kelemahan (weakness), kekuatan (strength), peluang (opportunities), serta ancaman (threats) dalam suatu proyek.

Hal ini penting dilakukan pada sebuah perusahaan untuk menentukan penyusunan strategi, penjualan produk, maupun ide bisnis baru. Analisis SWOT juga sangat mempengaruhi jalannya suatu bisnis dalam perusahaan. Selain bisa digunakan pada perusahaan, analisis ini dapat digunakan pada diri sendiri untuk mengembangkan karir Anda.

[ez-toc]

Mengenal Analisis SWOT Terbaik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa, SWOT merupakan akronim dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Jadi bisa diartikan, Analisis SWOT merupakan kegiatan mengorganisir dan menganalisa kelemahan (Weakness), kekuatan (Strength), kesempatan (Opportunity), dan ancaman (Threats) yang dialami oleh bisnis Anda.

Namun, bila dipecah unsur kekuatan dan kelemahan bersifat internal bagi perusahaan (misalnya: reputasi bisnis, hak paten, lokasi pabrik). Jadi Anda masih bisa langsung mengaturnya dari waktu ke waktu.

Sedangkan, peluang dan ancaman bersifat eksternal (misalnya: pemasok, kompetitor, harga pasar), suka atau tidak. Faktor ini memang sangat sulit Anda kontrol karena sifatnya lebih fleksibel dan berfluktuatif dari waktu ke waktu.

Bisnis apapun sebenarnya bisa menggunakan analisis ini. Namun, hal ini digunakan untuk menilai keadaan lingkungan yang selalu berubah-ubah dan meresponnya secara proaktif.

Metode analisis SWOT termasuk salah satu alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, di mana aplikasinya seperti di bawah ini:

  • Bagaimana cara kekuatan (strengths) dapat mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada.
  • Bagaimana cara kekuatan (strengths) dapat menghadapi ancaman (threats) yang ada.
  • Bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi kelemahan (weaknesses) dalam mencegah keuntungan.
  • Bagaimana cara yang tepat mengatasi kelemahan (weaknesses) agar bisa membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Dengan adanya 4 faktor yang saling berkaitan tersebut, maka analisis ini bisa memberikan kemudahan. Apalagi untuk mewujudkan visi dan misi sebuah perusahaan.

Manfaat dari Analisis SWOT

Manfaat dari Analisis ini bagi perusahaan sebagai strategi penentu masa depan untuk keberlangsungan bisnis. Misalnya sebuah perusahaan ingin menjalankan strategi untuk mencapai tujuan (visi) perusahaan.

Selain itu, juga bisa dimanfaatkan oleh para stakeholder untuk mengetahui keadaan faktor internal dan eksternal dari perusahaan. Bahkan, adanya penilaian SWOT yang membantu Anda untuk menetapkan prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh perusahaan.

Tanpa adanya pengetahuan dari analisis ini, maka Anda tidak akan mengetahui potensi minat pasar, dan peluang pasar yang bisa dimanfaatkan. Sementara itu, Anda bisa mengetahui tingginya tingkat persaingan pasar pada produk atau usaha. Apalagi, sebelum Anda menjalankan bisnis, harus menganalisa produk atau bisnis.

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

faktor analisis SWOTSaat Anda ingin menyusun strategi menggunakan metode analisis ini, maka ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah faktor internal dalam analisis metode swot. Berikut ini sudah ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

1. Faktor Internal

Umumnya, faktor internal pada analisis metode SWOT terdiri dari strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan). Di mana sangat berguna untuk mengidentifikasi faktor internal yang mencakup:

  • Pengalaman perusahaan mulai dari yang berhasil atau gagal.
  • Finansial terhadap perusahaan.
  • Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Kekuatan dan kelemahan dari perusahaan.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal dalam Analisis Metode SWOT umumnya berhubungan dengan opportunity (peluang) dan threat (ancaman). Faktor ini berguna sekali untuk mengidentifikasi faktor eksternal yang meliputi:

  • Lingkungan, peraturan pemerintah.
  • Tren, budaya, ideologi, sosial politik, perekonomian.
  • Peristiwa yang sedang terjadi dan sumber permodalan.
  • Perkembangan teknologi.

Namun, sebelum Anda membuat sebuah analisis metode SWOT maka harus memastikan sudah menggunakan software terlebih dahulu. Anda harus mengetahui hal yang dilakukan sebelum melakukan analisa dengan membuat daftar pertanyaan.

Kemudian, Anda bisa menuju ke tahap berikutnya agar bisa mendapatkan hasil secara maksimal. Selanjutnya, Anda harus menjawab daftar pertanyaan tersebut berdasarkan keadaan sesuai pada perusahaan.

Semoga informasi yang telah tersampaikan dapat memberikan manfaat. Demikianlah informasi mengenai manfaat dan faktor dari Analisis SWOT.

 

Komentar