Ketahui Fungsi Dan Fitur NFC Pada HP Anda

Ketahui Fungsi dan Fitur NFC Pada HP Anda!


Fitur NFC pada HP adalah sebuah teknologi yang mempermudah banyak kegiatan sehari-hari. Terutama dalam hal pembayaran digital, konektivitas antar perangkat, dan transfer data.

Fitur NFC juga banyak dibicarakan belakangan karena kemampuannya untuk melakukan pembayaran di beberapa merchant. Cukup simpel, hanya dengan menempelkan perangkat HP kamu ke mesin pembayaran di merchant tersebut.

Terlebih bagi kamu yang sering keluar masuk tol, fitur NFC ini mempermudah kamu untuk melakukan TOP up saldo pada e money, cukup tempelkan kartu ke HP mu maka kamu akan dapat dengan mudah menambah saldo e money mu.

NFC memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan bluetooth ataupun infra red sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi atau transfer data dengan lebih cepat.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu melakukan proses pairing atau pengaturan koneksi seperti pada Bluetooth. Cukup dengan menjalankan ponsel di dekat perangkat lain yang kompatibel, koneksi NFC akan terbentuk secara otomatis.

Apa itu NFC pada HP Android ?

Apa itu NFC pada HP Android


NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, yaitu sebuah teknologi nirkabel jarak pendek yang memungkinkan dua perangkat elektronik untuk terhubung dalam jarak sangat dekat.

Cara kerja NFC di smartphone adalah melalui tiga mode operasi, yaitu Baca dan Tulis (read and write), Peer to Peer (P2P), dan Mode Kartu NFC.

Pada mode Baca dan Tulis, hp dengan NFC dapat membaca informasi dari stiker NFC dan juga dapat menulis data ke stiker NFC.

Pada mode Peer to Peer (P2P), perangkat dengan NFC dapat saling bertukar data dengan perangkat NFC lainnya.

Sedangkan pada mode Kartu NFC, hp Android dapat dijadikan kartu dengan chip NFC yang kemudian dapat dibaca oleh NFC Reader seperti yang ada di mesin kasir dengan NFC.

Dengan menggunakan aplikasi Android yang mendukung pembayaran via NFC, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan cara menempelkan bagian belakang hp Android ke sensor NFC di mesin kasir.

NFC pada hp untuk dapat melakukan top up e money jalan tol, sehingga pengguna tidak perlu repot ke ATM untuk menambah saldo pada kartu tol.

NFC pada hp Android merupakan sebuah inovasi dalam transmisi data secara nirkabel yang dan diklaim lebih hemat baterai dibandingkan dengan Bluetooth.

Kehadiran teknologi ini sangat membantu pengguna dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi sekarang sudah banyak sekali toko ataupun merchant yang mendukung dan menggunakan teknologi.

Jadi tidak perlu lagi membawa uang cash ataupun ke ATM untuk melakukan transaksi.

Ketahui Fungsi dan Fitur NFC Pada HP Anda

Berikut adalah beberapa fungsi NFC pada HP yang mempermudah berbagai aktivitas sehari-hari :

Fungsi NFC

Fungsi NFC yang Memudahkan Aktivitas Keseharian Kamu
Fungsi NFC

1. Pembayaran Digital

Salah satu fungsi utama NFC adalah sebagai alat pembayaran digital. Dengan menggunakan aplikasi yang mendukung pembayaran via NFC di smartphone Anda, Anda dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat.

Cukup tempelkan bagian belakang smartphone Anda ke sensor NFC di mesin kasir, dan transaksi pembayaran akan segera terjadi. NFC memungkinkan Anda untuk membayar tanpa perlu repot membawa uang tunai atau kartu kredit, sehingga lebih praktis dan aman.

2. Transfer Data

NFC juga memungkinkan Anda untuk mentransfer data dengan cepat dan mudah antara dua perangkat yang memiliki fitur NFC. Anda dapat mentransfer kontak, foto, video, atau file lainnya hanya dengan menyentuhkan kedua perangkat secara bersentuhan. Fungsi ini sangat berguna saat Anda ingin berbagi file dengan teman atau keluarga dalam jarak dekat.

3. Akses Smart Card

NFC dapat digunakan untuk mengakses kartu pintar, seperti kartu akses kantor atau kartu anggota. Dengan menggunakan smartphone yang memiliki fitur NFC, Anda dapat menyimpan informasi kartu pintar tersebut di dalamnya.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan smartphone Anda sebagai kartu akses untuk membuka pintu kantor atau sebagai kartu anggota untuk mengakses fasilitas tertentu.

4. Top Up Uang Elektronik (e-money)

NFC juga dapat digunakan untuk melakukan top up e money atau ulang elektronik. Anda dapat mengisi saldo uang elektronik Anda dengan mudah melalui smartphone yang memiliki fitur NFC.

Hal ini memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran di mini market, jalan tol, parkir, dan juga tempat-tempat lain yang menerima pembayaran dengan uang elektronik.

5. Konek Wifi tanpa Password

Dengan menggunakan NFC, proses pengaturan koneksi Wi-Fi menjadi lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu lagi mengingat atau memasukkan kata sandi Wi-Fi secara manual.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua perangkat Android mendukung fitur NFC, dan tidak semua router Wi-Fi memiliki fitur NFC. Sebelum menggunakan fitur NFC untuk menghubungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi, pastikan perangkat Anda dan router Wi-Fi Anda mendukung fitur ini.

Semoga artikel ini membantu kamu memahami apa itu NFC pada HP. Teknologi ini sangat membantu dan memudahkan kamu dalam urusan transfer data dan juga transaksi.

Hakeem W, seorang penulis dan bloger teknologi. Blog ini berisikan artikel informatif terbaru yang berhubungan dengan internet, teknologi dalam keseharian. Berbagai macam topik yang dibahas pada blog ini, dari komputer baik itu software/hardware, gadget, aplikasi, dan tutorial. Semua artikel diulas dengan bahasa yang sangat sederhana, agar pembaca setia dapat dengan mudah memahaminya.