5 Game Edukasi Terbaik untuk Anak

Bermain game merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Ada banyak jenis permainan yang bisa dimainkan si Kecil. Kini dengan teknologi yang begitu pesat, anak-anak tidak hanya bisa bermain permainan tradisional, tapi juga bisa bermain melalui gadgetnya.

Banyak pilihan game yang dapat dimainkan oleh si Kecil, yang dapat membuatnya senang. Namung orang tua harus dapat memilah dan memilih game yang tepat untuk si Kecil. Beberapa penelitian menerangkan bahwa game bisa berdampak positif untuk mengembangkan kemampuan anak, salah satunya merangsang kemampuan sensorik, koordinasi mata dan tangan, menghitung, serta emosional. Namun game juga bisa berdampak negatif apabila si Kecil terlalu lama memainkan game. Jadi sebagai orang tua, harus bisa memperhatikan jam pengunaan gadget bagi si Kecil dalam memainkan game.

Kali ini kami akan memilihkan game yang bersifat mendidik bagi si Kecil dan dapat mengasah kemampuannya.

1. Game Edukasi | Melipat Origami

Origami adalah game yang berasal dari Jepang dan Cina. Game ini populer di kalangan anak-anak. Game ini dapat mengembangkan kemampuan konsentrasi, menghitung dan kesabaran bagi si Kecil. Juga melatih koordinasi mata dan tangan si anak, dalam permainan ini terdapat tingkatan dari yang gampang sampai yang sulit. Semakin tinggi tingkat kesulitannya, maka semakin tinggi pula tingkat konsentrasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan game ini. Kemampuan kesabaran dan kontrol emosi sangat dibutuhkan dalam permainan ini. Diharapkan si Kecil bisa melatih kesabaran, koordinasi mata dan tangan, serta kemampuan menghitungnya.

Anda dapat mengunduhnya di playstore “paper fold origami”

game edukasi anak | origami
origami

2. Game Edukasi | Dokter Bedah (Surgeon Doctor)

Game yang satu ini sungguh membangkitkan imajinasi anak, Game anak yang bertajuk “dokter bedah” memberikan kesempatan bagi si Kecil untuk menjadi dokter yang bisa menangani pasien. Disarankan game ini dimainkan oleh anak yang berusia 7 tahun ke atas. Game yang mensimulasikan model pasien dan dokter, dimana si Kecil bisa mengambil peran sebagai dokter yang menangani pasien. Ada banyak peralatan dokter bedah yang bisa dikenalkan kepada si Kecil, sehingga bisa memperbanyak perbendaharaan pengetahuan akan alat-alat kedokteran. Game anak ini termasuk game anak yang mendidik, dan dapat melatih fokus, kesabaran, dan kemampuan membaca si kecil.

surgeon doctor
surgeon doctor

3. Game Edukasi | KidloLand

Game ini berisikan banyak sekali permainan, calistung (baca tulis dan hitung). Game ini mengandung unsur edukasi yang sangat baik bagi anak pre-school ataupun yang sudah di sekolah dasar. Game yang merangsang kemampuan anak untuk mengenal huruf dan angka, sehingga bisa mempermudah anak untuk mengeja dan membaca. Dan juga mengasah kemampuannya untuk menghitung. Di dalam game ini juga terdapat banyak ragam permainan, seperti mengenal warna dan juga menggambar. Game edukasi terbaik untuk anak menjadi salah satu alasan dari game ini.

kidloland
Kidloland

4. Game Edukasi | Monopoli

Game anak yang satu ini merupakan game tactical mengasah otak anak, tidak salah jika memasukkan game ini ke dalam salah satu pilihan game edukasi terbaik. Tentu saja game ini bisa juga orang tua mainkan bersama dengan si buah hati. Mengapa kami menyarankan game Monopoli ini? Karena game ini mengasah kemampuan anak untuk mengambil keputusan, dan juga kemampuannya mengenal nilai uang. Bisa juga untuk memberikan pemahaman untung rugi secara finansial kepada si Kecil dan mensimulasikannya ke dunia nyata nantinya. Jadi diharapkan orang tua bisa ikut bermain dan menerangkan situasi kepada si Kecil. Aplikasi permainan ini banyak terdapat di play store. Anda dan mengunduhnya sesuai dengan selera anda.

game edukasi anak monopoly
Monopoli

5. Game Edukasi | Pretend Play

Pretend play atau “permainan pura-pura”, adalah jenis permainan yang dimainkan langsung oleh si Kecil tanpa menggunakan smartphone atau perangkat elektronik lainnya. Namun berjalan dengan perkembangan teknologi digital, jenis permainan ini juga bisa dimainkan di perangkat android atau smartphone anda, dengan mengunduhnya di playstore, karena ada beberapa developer game yang membuat game ini dengan skenario yang berbeda-beda. Ada yang membuat skenario seolah-olah anak menjadi pengelola restaurant dan merangkap sebagai manajer dan kokinya. Game ini membantu anak untuk mengembangkan kemampuan emosional, imajinasi dan kemampuannya berkomunikasi dan mengenal perbendaharaan kata-kata baru.

game edukasi pretend play
game edukasi pretend play

Kumpulan game diatas sengaja kami rangkum untuk mempermudah orang tua untuk memilih permainan yang dapat mengembangkan kemampuan anak sejak dini. Baik itu kemampuan motorik, sensorik, emosional dan juga memperkenalkan huruf dan angka. Semoga artikel ini dapat membantu orang tua dalam memilih permainan yang bermanfaat bagi si Kecil. Namun segala sesuatu yang berlebihan pasti juga tidak bagus, diharapkan orang tua dapat mengatur waktu bermain si Kecil, agar jangan terlalu lama memainkannya.

Artikel Terkait  7+ Aplikasi Browser VPN Android Gratis Untuk Keamanan Browsingmu

Komentar