Mudah!! Atasi Game Steam Tidak Terdeteksi

Ngopitekno – Kemarin sore ada teman yang mengeluhkan game steam tidak terdeteksi setelah melakukan instalasi ulang windows pada laptopnya.

Padahal yang di format ulang hanya drive C: saja waktu instalasi windows, sementara koleksi game masih lengkap pada drive D.

Penyebab Game Steam Tidak Terdeteksi

Langsung gercep dan lakukan investigasi secara singkat, akhirnya kami mengetahui penyebab dari permasalahan yang menyebabkan game steam tidak terdeteksi pada aplikasi steam.

Kepo apa penyebabnya? sebenarnya masalahnya hanya karena masalah sepele. Hanya perlu sinkronisasi ulang library steam nya saja.

Intinya apabila koleksi game steam ini tidak ditempatkan pada drive selain C, maka akan dipastikan sewaktu-waktu masalah ini bisa terjadi.

Baca juga :

Langkah Mudah Atasi Game Steam Tidak Terdeteksi

Yuk, langsung saja kami jelaskan cara mengatasi masalah error pada steam library ini. Yang menyebabkan steam tidak terdeteksi, simak terus langkah-langkahya :

1. Buka aplikasi steam

2. Pilih “view” kemudian pilih “setting”

3. Kemudian pilih “Downloads”, kemudian pada label “Content Libraries” klik “Steam Library Folders”

4. Kemudian pilih “Add Library Folder”, arahkan ke folder “Steam Library” milik kamu. Misalnya lokasi game kamu terdapat pada drive D atau E, maka kamu harus mengarahkan ke lokasi game library tersebut.

5. Tunggu beberapa saat, steam akan melakukan sinkronisasi ulang, dan mendeteksi koleksi game kamu.

6. Selesai

Masalah ini sering terjadi ketika melakukan instalasi ulang pada Windows, yang bisa jadi karena bermasalah ataupun terkena virus.

Sementara koleksi game terdapat pada drive D atau E, maka langkah-langkah diatas dapat kamu lakukan untuk mengatasi game steam tidak terdeteksi.

Artikel Terkait  Langkah Mudah Cara Membuat Power Point di Canva

Singkat kata, demikianlah artikel ini kami buat secara singkat dan padat. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca dalam mengatasi permasalahan.

Terima kasih, Ngopitekno

Komentar