Mengenal Kamera Gcam Mode Malam

Mengalami kesulitan saat mengambil foto atau video di kondisi cahaya rendah atau malam hari? Jika iya, maka Anda perlu mencoba kamera Gcam Mode Malam.

Aplikasi kamera ini dirancang khusus untuk menghasilkan gambar yang jelas dan terang bahkan di lingkungan yang sangat gelap.

Dilengkapi dengan fitur-fitur mode malam, mode astrofotografi, dan perekaman video yang stabil, kamu dapat mengambil foto dan video berkualitas tinggi walau dalam kondisi minim cahaya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan opsi pengaturan manual yang memungkinkan kamu menyesuaikan pengaturan sesuai dengan selera kamu.

Terus simak artikel ini untuk kenal lebih dekat dengan kamera malam Gcam dan bagaimana cara menggunakannya untuk menghasilkan gambar malam secara optimal.

Mengenal Google Camera (GCAM)

kamera malam Gcam

Google Camera (GCam) adalah aplikasi kamera resmi yang dikembangkan oleh Google untuk smartphone Pixel.

Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2014 dan terus mengalami pembaruan dan peningkatan fitur sejak saat itu.

Karena semua fitur dan kemampuannya yang luar biasa, tidak heran jika Google Camera sangat dicari oleh  banyak orang.

Aplikasi kamera malam GCAM ini memungkinan kamu untuk bisa menghasilkan foto-foto yang keren, dengan aneka ragam gaya fotografi professional.

Kelebihan Kamera GCam Mode Malam dengan Kamera Bawaan HP

Berikut beberapa kelebihan pada aplikasi Google Camera (GCAM) : 

1. Mode Malam / Night Mode

Mode malam atau night mode pada aplikasi GCam adalah fitur primadona yang paling dicari. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan kualitas yang lebih baik dalam kondisi pencahayaan yang minim ataupun malam hari

Menggunakan algoritma canggih, kamera mode malam GCam mampu mengoptimalkan pencahayaan, mengurangi noise, dan meningkatkan detail pada foto.

Kenapa fotonya sangat terlihat bagus dan jelas pada kamera GCam mode malam? Kamera malam GCam mengambil beberapa foto dengan pengaturan pencahayaan yang berbeda dan menggabungkannya menjadi satu foto.

Hal inilah yang membuat foto memiliki tingkat kecerahan yang lebih baik, detail yang lebih tajam, dan warna yang lebih akurat dibandingkan dengan foto yang diambil menggunakan kamera bawaan HP.

2. Fitur Slow Motion

Fitur slow motion pada aplikasi kamera malam GCam merupakan salah satu fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan kamera bawaan HP.

Artikel Terkait  Solusi: Tidak Dapat Memuat Gambar di Instagram

Dengan fitur ini, pengguna dapat merekam video dengan kecepatan yang lebih lambat dari biasanya, sehingga dapat menghasilkan efek slow motion yang menarik.

Keunggulan dari fitur slow motion pada GCam adalah kemampuannya untuk merekam video dengan kecepatan hingga 240 frame per detik.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk merekam aksi atau gerakan dengan detail yang lebih tinggi, sehingga menghasilkan video slow motion yang lebih halus dan jelas.

Terdapat juga kontrol kecepatan yang memungkinkan kamu untuk mengatur seberapa lambat atau cepat video slow motion yang diinginkan.

Pengguna dapat memilih kecepatan yang sesuai dengan aksi atau gerakan yang ingin ditampilkan dalam video. Fitur ini sangat efektif untuk menghasilkan video slow motion yang berkualitas tinggi dan professional.

3. Fitur Bokeh / Lens Blur

gcam apk blur effect

Fitur bokeh atau lens blur pada kamera GCam mode malam cukup berbeda dengan kamera bawaan HP. Fitur bokeh pada GCam memiliki keunggulan dalam hal keakuratan dan kehalusan efek blur yang dihasilkan.

Pengguna dapat dengan mudah mengatur tingkat blur yang diinginkan baik pada objek ataupun latar belakang. Kamu dapat mengatur seberapa kabur/blur latar belakang foto yang kamu ambil.

Kontrol manual bokeh pada GCAM memungkinkan kamu untuk menghasilkan foto yang lebih dramatis dan cocok untuk menghiasi feed media sosial kamu.

4. Fitur HDR +

Dengan menggunakan fitur HDR+ yang terdapat pada GCAM, kamu dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih baik dan detail yang lebih tajam.

Sedikit penjelasan teknis dari fitur ini. HDR+ pada GCam bekerja dengan menggabungkan beberapa foto dengan eksposur yang berbeda menjadi satu gambar yang memiliki rentang dinamis yang lebih luas.

Itulah mengapa fitur HDR+ pada GCam dapat menghasilkan foto yang lebih baik dalam kondisi minim cahaya.

GCAM juga memiliki teknologi pengurangan noise yang canggih, sehingga foto yang dihasilkan menjadi lebih terang dan jelas walau diambil pada malam hari atau gelap.

5. Astrophotography Mode

gcam apk Astrophotography Mode

Dengan fitur ini memungkinkan pengguna kamera malam GCAM untuk dapat mengambil foto langit malam dengan kualitas yang luar biasa. 

Kamu dapat mengabadikan foto langit malam yang jelas dan detail. Kamu juga bisa mengambil foto bintang, planet, dan objek langit lainnya dengan kualitas yang sangat baik. 

Artikel Terkait  3+ Cara Mengetahui Chipset HP Anda dalam Hitungan Menit!

Mode ini juga dilengkapi dengan fitur pengeditan yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan dan memperbaiki foto langit malam mereka.

6. Long Exposure Mode

gcam apk long exposure light trail

Long exposure mode adalah salah satu fitur dapat mengambil foto dengan efek cahaya yang menarik dan dramatis.

Dalam mode ini, GCam memperpanjang waktu eksposur sehingga cahaya yang masuk ke sensor kamera lebih lama sehingga menghasilkan foto dengan efek motion blur pada objek yang bergerak.

Biasanya mode ini sering digunakan untuk mengambil foto air terjun dan jalan yang sedang dipenuhi oleh kendaraan.

Dengan GCAM kamu dapat mengatur durasi eksposur sesuai selera kamu. Sehingga pengguna dapat mengambil foto dengan efek light trails yang indah dan terlihat professional. 

Tapi harus di ingat, mode ini memerlukan kestabilan dalam pengambilannya. Sehingga dibutuhkan tripod untuk hasil yang maksimal. 

Spesifikasi Android Yang Bisa Menggunakan GCAM

Berikut beberapa ciri-ciri dari HP android yang kompatibel atau yang dapat menggunakan aplikasi ini. Pastikan perangkat atau HP android kamu memiliki beberapa kriteria dibawah ini : 

1. Support Camera 2 API

Support Camera2 API adalah fitur yang memungkinkan aplikasi kamera seperti Google Camera (GCam) untuk mengakses dan mengontrol fitur kamera yang lebih canggih pada perangkat Android.

Dengan adanya dukungan Camera2 API, pengguna dapat mengambil foto dan merekam video dengan kualitas yang lebih baik serta mengakses fitur-fitur seperti mode RAW, kontrol manual, dan fokus otomatis yang lebih akurat.

Beberapa tipe, model, atau jenis perangkat Android yang kompatibel dengan Camera2 API antara lain:

2. Google Pixel Series

Semua perangkat dalam seri Google Pixel, seperti Google Pixel 5, Pixel 4a, dan Pixel 3a, mendukung Camera2 API dengan dukungan penuh. Ini berarti pengguna dapat menginstal dan menggunakan Google Camera (GCam) tanpa masalah.

3. Samsung Galaxy Series

Beberapa model Samsung Galaxy, seperti Galaxy S21, Galaxy S20, dan Galaxy Note 20, juga mendukung Camera2 API.

Note : perlu diingat bahwa tidak semua model Samsung Galaxy mendukung fitur-fitur kamera GCam secara penuh, tergantung pada konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan.

4. OnePlus Series

OnePlus 9, OnePlus 8, dan OnePlus 7 adalah beberapa contoh perangkat OnePlus yang kompatibel dengan Camera2 API.

Artikel Terkait  Apk Penghasil Uang Jadi Duit APK Melalui Permainan Yang Seru

5. Xiaomi Mi Series

Beberapa model Xiaomi Mi, seperti Mi 11, Mi 10, dan Mi 9, mendukung Camera2 API.

6. Sony Xperia Series

Beberapa perangkat Sony Xperia, seperti Xperia 1 III, Xperia 5 II, dan Xperia 10 II, juga mendukung Camera2 API.

Namun, perlu diingat bahwa daftar di atas hanya beberapa contoh perangkat Android yang kompatibel dengan Camera2 API.

Jika kamu ingin menggunakan Google kamera mode malam apk (GCam) atau aplikasi kamera lain yang membutuhkan dukungan Camera2 API, pastikan untuk memeriksa spek HP kamu atau cari informasi terkait kompatibilitas perangkat dengan Camera2 API.

Download Google Camera Mode Malam APK

Terdapat versi terbaru dari kamera mode malam APK (Gcam) yang akan kami share :

Gcam Versi 8.8

FilenameGoogle Camera APK
Versi8.8
Ukuran25MB
System OperasiAndroid

Cara Install Kamera Malam GCAM

Berikut adalah cara install aplikasi GCam pada perangkat Android:

  • Pertama, pastikan perangkat Android kamu mendukung instalasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Kamu dapat memeriksa pengaturan keamanan perangkat untuk mengaktifkan opsi ini.
  • Selanjutnya, download file APK GCam terbaru dari sumber diatas. 
  • Setelah file APK selesai download, buka pengaturan dan masuk ke opsi Keamanan atau Privasi.
  • Di dalam opsi ini, cari dan aktifkan opsi “Sumber Tidak Dikenal” atau “Instal Aplikasi dari Sumber yang Tidak Dikenal” agar bisa menginstal aplikasi dari luar Play Store.
  • Setelah opsi tersebut diaktifkan, buka file APK GCam yang sudah kamu download.
  • Ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar perangkat. Kamu mungkin perlu menyetujui beberapa izin atau mengaktifkan opsi instalasi tambahan.
  • Setelah instalasi selesai, kamu akan menemukan ikon aplikasi GCam di layar utama atau di dalam folder aplikasi.
  • Buka aplikasi GCam dan kamu siap untuk menggunakannya. 

Nah pembahasan tentang kamera gcam mode malam akhirnya sudah kita ulas dengan tuntas. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang ingin mengeksplorasi kemampuan kamera pada HP androidmu.

Komentar