10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung A03s

Kali ini kami akan mengulas secara lengkap kelebihan dan kekurangan Samsung A03s, smartphone besutan dari Samsung yang dirilis pada tahun 2021.

Sebagai penerus dari seri Galaxy A02s, Samsung Galaxy A03s hadir dengan berbagai pembaruan dan peningkatan yang menarik. Peningkatan dari sisi processor, RAM dan banyak lagi.

Sebelum memutuskan untuk membelinya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna sebagai referensi bagi kamu dalam memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Spesifikasi Samsung A03s

Sebelum masuk ke pembahasan, berikut akan kami sajikan data singkat/spesifikasi dari Samsung A03s

SpesifikasiDeskripsi
Layar6.5″ Infinity-V PLS TFT LCD
ProsesorMediaTek Dimensity Helio P35 (12nm)
RAM3 GB atau 4 GB
Penyimpanan Internal32 GB atau 64 GB
Penyimpanan EksternalmicroSDXC
Kamera Utama13 MP + 2 MP + 2 MP
Kamera Depan5 MP
Baterai5000 mAh
WarnaHitam, Putih, Merah, Biru
Spesifikasi Samsung A03s

Kelebihan Samsung A03s

1. Tampilan Desain yang Menarik.

Samsung Galaxy A03s hadir dengan desain yang menarik dan modern. Dengan bodi yang ramping dan tampilan yang elegan, smartphone ini cocok untuk pengguna yang ingin tampil stylish.

Tombol power pada Samsung A03s terletak di sisi kanan ponsel, di atas tombol volume. Meringkas tampilan, dan juga memudahkan kamu untuk menghidupkan atau mematikan perangkat dengan sekali tekan.

2. Layar Luas

Smartphone ini dilengkapi dengan layar PLS LCD berukuran 6.5 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel, sehingga memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif. Layar tersebut juga dilengkapi dengan resolusi HD+ yang memberikan tampilan yang jernih dan detail. Cukup untuk memainkan game-game yang tidak terlalu berat.

4. Kapasitas Penyimpanan yang Besar

Smartphone ini dilengkapi dengan penyimpanan internal yang besar, kapasitas memori internal sebesar 64GB. Dengan kapasitas memori sebesar ini cukup lah untuk kamu bisa menyimpan banyak foto dan video.

5. Baterai Tahan Lama

Memiliki kapasitas baterai sebesar 5000 mAh, sehingga pengguna dapat menggunakan smartphone ini sepanjang hari tanpa perlu khawatir kehabisan daya. Dengan fitur penghemat baterai yang cerdas, baterai smartphone ini dapat bertahan lebih lama.

6. Kamera yang Berkualitas

Samsung A03s memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP. Terdapat tiga kamera utama pada samsung a03s ini yang terletak pada bagian belakang.

Masing-masing kamera memiliki spesifikasi yang berbeda, depth camera 2 MP (f 2.4), kamera utama 50 MP (f2.2), kamera makro 2 MP (f.24). Samsung A03s juga memiliki kamera selfie dengan resolusi 5 MP dan aperture f/2.2

7. Fitur Keamanan yang Lengkap

Samsung Galaxy A03s dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap, seperti sensor sidik jari atau sensor fingerprint dan pengenalan wajah. Pengguna dapat dengan mudah mengunci dan membuka smartphone ini dengan aman.

8. Sistem Operasi Terbaru

Samsung Galaxy A03s menggunakan sistem operasi Android terbaru (Android 11) dan MediaTek Helio P35 adalah prosesor yang digunakan pada Samsung A03s, sehingga pengguna dapat menikmati fitur-fitur terbaru dan pembaruan keamanan yang terbaru.

9. Harga yang Terjangkau

Salah satu kelebihan utama Samsung Galaxy A03s adalah harganya yang terjangkau. Dengan harga yang kompetitif, pengguna dapat mendapatkan smartphone dengan fitur dan performa yang baik tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Artikel Terkait  Ini Dia Cara Screenshot Samsung A22

Kekurangan Samsung A03s

1. Masalah Layar yang Sering Gerak Sendiri

Beberapa pengguna Samsung Galaxy A03s mengeluhkan masalah layar yang sering gerak sendiri atau mengalami ghost touch.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini, seperti mengganti LCD, namun hasilnya masih sama saja.

Masalah ini tampaknya cukup umum terjadi pada Samsung Galaxy A03s, dan hal ini menjadi kekurangan yang sangat perlu diperhatikan.

2. Kamera yang Kurang Baik dalam Pencahayaan Terang

Pengguna Samsung Galaxy A03s juga mengeluhkan kualitas kamera yang kurang baik saat pengambilan foto atau gambar di tempat yang terang.

Kamera ini cenderung menghasilkan gambar yang gelap, berbeda dengan smartphone lain yang secara otomatis mengatur kecerahan kamera.

3. Performa yang Tidak Begitu Cepat

Meskipun Samsung Galaxy A03s memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk kelasnya, namun performanya tidak begitu cepat.

Beberapa pengguna melaporkan bahwa smartphone ini sering mengalami lag atau lambat dalam menjalankan aplikasi atau tugas-tugas multitasking.

Hal ini mungkin disebabkan oleh penggunaan prosesor yang kurang optimal atau kurangnya optimasi perangkat lunak.

4. Desain yang Biasa Saja

Samsung Galaxy A03s memiliki desain yang cukup biasa saja, tanpa fitur-fitur desain yang menarik atau inovatif.

Hal ini membuat smartphone ini terlihat kurang menonjol dibandingkan dengan pesaingnya di kelas yang sama. Hal ini bisa menjadi perhatian kamu jika ingin memilih HP bekas dengan tampilan yang menarik.

5. Tidak Dilengkapi dengan Fitur NFC

Samsung Galaxy A03s adalah tidak adanya fitur NFC (Near Field Communication). Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran nirkontak atau mentransfer data dengan mudah melalui teknologi NFC.

Kehadiran fitur NFC pada smartphone dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbagai aktivitas sehari-hari, terutama dalam hal pembayaran digital, seperti kartu tol, QRIS dll.

Artikel Terkait  Cara Off WA Tanpa Mematikan Data Seluler di Samsung

Setelah kamu mengenal dan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari samsung a03s, kami harap artikel ini bisa menjadi referensi bagi kamu sebelum membelinya. Terima kasih!!

Komentar