Cara Memanfaatkan Fitur Label di WhatsApp Business Agar Lebih Rapih

Sebagai pelaku usaha, perintis atau pengembang usaha lebih khususnya UMKM. Tentu kalian sudah tidak asing dengan aplikasi ini. WhatsApp bisnis memiliki banyak fitur yang terlihat lebih lengkap dan lebih menarik dari whatsapp biasa. Tentu hal ini dilakukan pihak whatsapp agar dapat mendukung para penggunanya.

WhatsApp Business memang dikembangkan khusus untuk para pelaku usaha, perintis atau pengembang usaha, terutama UMKM. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang dapat membantu para penggunanya dalam mengelola bisnis mereka, seperti fitur label, quick replies, dan katalog produk. Fitur-fitur ini dapat membantu para pelaku bisnis untuk mengelola pesan masuk dengan lebih efektif dan meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

Selain itu, WhatsApp Business juga menyediakan fitur pemesanan produk dan pembayaran, yang memudahkan transaksi bisnis antara pelaku bisnis dan pelanggan. Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk memesan produk dan melakukan pembayaran melalui aplikasi WhatsApp.

WhatsApp Business juga menyediakan fitur untuk mengirim notifikasi ke pelanggan, seperti pemberitahuan tentang promosi atau diskon. Ini dapat membantu para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Secara keseluruhan, WhatsApp Business merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha, perintis atau pengembang usaha, terutama UMKM, dalam mengelola bisnis mereka dan meningkatkan layanan pelanggan.

Nah oleh karena itu anda sebagai pelaku usaha dapat menggunakan fitur label whatsapp business ini untuk memudahkan anda dalam melayani pelanggan anda. Untuk mengetahui fitur label di whatsapp tersebut, simak artikel dibawah berikut ini.

Cara Menggunakan Fitur Label di WhatsApp Business

fitur label whatsapp business

Banyaknya fitur di dalam whatsapp bisnis dapat membantu dan mempermudah dalam mendata pelanggan. Di antaranya adalah fitur label di whatsapp business. Fitur ini memiliki beberapa macam warna yang berbeda. Masing-masing warna memiliki fungsi masing-masing. Di antaranya:

  1. Warna biru menandai untuk kostumer baru
  2. Warna kuning untuk menandai bila ada orderan baru
  3. Warna merah untuk menandai bahwa pembayaran tertunda jadi pelanggan kalian belum membayar produk
  4. Warna ungu untuk menandai bahwa pelanggan kalian sudah membayar
  5. Warna hijau menandakan bahwa orderan pelanggan kalian sudah selesai
Artikel Terkait  2+ Cara Merubah Suara di WhatsApp Menjadi Wanita: Trik Seru dan Mudah

Dengan adanya fitur label whatsapp business ini tentu sangat membantu para pelaku usaha. Apalagi, mereka dapat dengan mudah menemukan data berapa saja jumlah pelanggan yang mengalami penundaan pembayaran, yang merupakan kostumer baru dan lainnya.

Setelah tahu berbagai macam tanda label whatsapp business tersebut, kalian juga harus tahu lebih dulu bagaimana cara menerapkannya, yaitu:

  1. Download aplikasi whatsapp
  2. Pada tampilan whatsapp, pilih kontak kalian
  3. Tekan agak lama bagian kontak tersebut sampai muncul berbagai tanda di bagian atas. Masing-masing tanda tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Klik bagian tanda panah dengan bagian tengah kosong atau bagian nomor satu dari kanan Pilih label chat yang kalian inginkan, sesuaikan dengan kebutuhan. Yang menarik kalian juga dapat menambahkan warna label lain dengan cara mengeklik bagian new label
  4. Pilih beberapa kontak lain yang kalian inginkan untuk dipasang tanda label seperti cara di atas.

Setelah semua kontak kalian diberi tanda maka akan terkumpul menjadi satu. Untuk mengeceknya kalian bisa klik tanda titik tiga di bagian kiri pojok, di sana akan terlihat tanda labels dan kalian bisa langsung mengeceknya, tampilannya seperti berikut:

Manfaat Fitur Label di WhatsApp Bussiness

Fitur Label di WhatsApp Business memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna untuk mengelola percakapan dan pelanggan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  1. Organisasi dan Pemantauan: Fitur Label memungkinkan Anda untuk memberi label atau kategori pada percakapan dengan pelanggan. Ini memudahkan Anda dalam mengorganisasi dan memantau pesan-pesan yang berhubungan dengan topik, jenis pesanan, status pembayaran, atau kebutuhan khusus pelanggan tertentu. Dengan label yang jelas, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengelola percakapan dengan lebih efisien.
  2. Prioritas dan Penugasan Tugas: Dengan memberi label pada pesan, Anda dapat menandai percakapan yang membutuhkan perhatian lebih atau tugas tertentu. Misalnya, Anda dapat menggunakan label “Urgent” untuk pesan yang memerlukan respon cepat, atau menggunakan label “Follow-up” untuk percakapan yang perlu ditindaklanjuti di kemudian hari. Ini membantu Anda dalam mengatur prioritas dan melacak tugas yang harus diselesaikan.
  3. Segmentasi Pelanggan: Fitur Label juga memungkinkan Anda untuk membuat segmen pelanggan berdasarkan kriteria tertentu. Anda dapat membuat label seperti “Pelanggan Baru,” “Pelanggan Setia,” atau “Pelanggan Potensial.” Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menyampaikan pesan atau promosi khusus kepada segmen pelanggan tertentu dan meningkatkan pengalaman mereka.
  4. Analisis dan Pelaporan: Dengan menggunakan label, Anda dapat melacak dan menganalisis statistik terkait dengan percakapan dengan pelanggan. Misalnya, Anda dapat melihat berapa banyak percakapan yang terlabel “Pemesanan,” “Pertanyaan Produk,” atau “Keluhan.” Hal ini membantu Anda dalam memahami tren, mengidentifikasi area perbaikan, dan mengambil keputusan yang lebih baik dalam mengelola bisnis Anda.
  5. Kolaborasi Tim: Jika Anda memiliki tim atau karyawan yang terlibat dalam manajemen percakapan di WhatsApp Business, fitur Label memudahkan kolaborasi tim. Anda dapat memberikan label kepada anggota tim tertentu untuk menandakan percakapan yang sedang mereka tangani atau perlu tindakan dari mereka. Ini memungkinkan koordinasi yang lebih baik dan memastikan tidak ada pesan yang terlewat atau terabaikan.
Artikel Terkait  2+ Cara Merubah Suara di WhatsApp Menjadi Wanita: Trik Seru dan Mudah

Kesimpulan

Fitur label di WhatsApp Business merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mengelompokkan pesan dan membuatnya lebih terorganisir. Cara memanfaatkan fitur ini adalah sebagai berikut:

  • Buka WhatsApp Business dan masuk ke menu “Settings”
  • Pilih “Labels”
  • Pilih “New Label” untuk membuat label baru
  • Masukkan nama label yang diinginkan
  • Pilih “Create” untuk menyimpan label baru

Setelah label whatsapp business dibuat, pengguna dapat mengatur pesan untuk dikelompokkan ke dalam label tersebut dengan cara:

  • Buka pesan yang ingin dikelompokkan
  • Tekan dan tahan pesan tersebut
  • Pilih “Add to Label”
  • Pilih label yang diinginkan

Pengguna juga dapat mengelola label yang sudah dibuat, seperti mengubah nama label, menghapus label, atau menambah pesan ke dalam label yang sudah ada.

Fitur label ini sangat bermanfaat untuk membuat pesan-pesan lebih terorganisir dan mudah ditemukan, sehingga akan membuat pekerjaan Anda lebih efisien dan rapih.

Nah, caranya sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat, ya!

Komentar