MEKANISME CARA CEK BLT DANA DESA ONLINE

Cara cek BLT dana desa online saat ini lebih mudah dibandingkan dengan zaman dulu. BLT Dana Desa merupakan salah satu program bantuan yang diberikan oleh pemerintah terhadap masyarakat.

Karena adanya BLT saat ini banyak orang-orang yang berusaha mendaftar untuk mendapatkan bantuan langsung tunai dari pemerintah ini. Dengan adanya Bantuan Langsung Tunai ini, setidaknya membantu masyarakat dalam mengatasi ekonomi yang merosot akibat pandemi kemarin.

Dana bantuan tersebut diambil dari sebagian anggaran Dana Desa. Lalu, bagaimanakah cara cek BLT Dana Desa agar bisa cepat dapat?

Mengenal Cara Cek BLT Dana Desa Online

cara-cek-blt-dana-desa-

BLT Dana Desa ini sebenarnya hampir sama dengan program bantuan sosial lainnya. Hal ini karena penyaluran program BLT Dana Desa memberikan manfaat yang berarti bagi seluruh masyarakat di pedesaan.

Umumnya, bantuan ini dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pokok masyarakat sekitar. Sebelum Kamu mengetahui pembahasan terkait cara cek BLT dana desa online, alangkah baiknya mengetahui apa yang dimaksud dengan BLT Dana Desa.

Pada umumnya, sebenarnya BLT adalah sebuah program yang ditujukan untuk membantu pemulihan perekonomian nasional. Sama seperti namanya, BLT ini akan memanfaatkan sebagian anggaran Dana Desa yang diharapkan menjangkau seluruh masyarakat.

Mekanisme Pendaftaran BLT Dana Desa

cara-cek-blt-dana-desa-

Apabila dilihat dari kategori yang menjadi sasaran penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Maka masyarakat berhak memperoleh bantuan dengan mengikuti mekanisme pendaftaran seperti berikut ini :

1. Pendaftaran oleh Relawan

Untuk semua program BLT dana desa online ini, melakukan pendaftaran yang dilakukan oleh Relawan Desa Lawan Covid-19. Mulai dari lingkungan RT, RW maupun desa.

Sementara itu, data calon penerima bantuan akan dibawa ke Musdes (Musyawarah Desa Khusus). Hal ini bertujuan untuk menentukan calon penerima bantuan.

2. Proses dari Verifikasi

Data ini akan masuk di Musdes, yang langsung diverifikasi. Hal ini bergerak untuk memastikan kesesuaian data dengan dokumen yang ada.

3. Pengesahan oleh Kepala Desa

Apabila hasil dari verifikasi data sesuai. Maka berikutnya kepala desa akan menandatangani legalitas dokumen dalam pendataan tersebut.

4. Pelaporan ke Camat

Mekanisme berikutnya dalam, yaitu pelaporan dokumen pendataan dari kepala desa terhadap camat. Agar bisa memperoleh pengesahan dari camat.

5. Laporan Camat ke Bupati

Dokumen dari pendataan yang sudah diterima camat. Berikutnya, akan diteruskan dan dilaporkan kepada bupati atau walikota.

6. Surat Pemberitahuan Calon Penerima Bantuan

Kepala desa akan menyampaikan surat pemberitahuan terhadap penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Agar bisa mengantisipasi adanya kendala dalam penyaluran BLT dana desa online.

Jadi setiap desa telah dilengkapi dengan posko pelayanan. Untuk menangani kendala, posko pelayanan diharapkan selalu mengupdate data KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Hal ini dilakukan agar seluruh penyalurannya tepat sasaran.

Cara Cek BLT Dana Desa Online

cara-cek-blt-dana-desa-

Kini pemerintah masih terus menyalurkan beberapa Bantuan Tunai Langsung bagi seluruh masyarakat yang terdampak pandemi. Hal ini dilakukan sebagai upaya, agar dapat membantu pemulihan ekonomi.

Sementara itu, Bantuan Tunai Langsung bisa didapatkan melalui top up dengan besaran bantuan sekitar Rp. 300.000 sebanyak tiga kali. Sehingga bila ditotal maka besaran Bantuan Tunai Langsung berjumlah sekitar Rp. 900.000.

Sementara itu, untuk total keluarga penerima manfaat yang ditargetkan dalam program tersebut ada sekitar 694.000 KPM.  Bagi Kamu yang ingin mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima, agar lebih mudah untuk melakukan cek BLT dana desa online di bawah ini:

  • Langkah pertama, Kamu cukup mengunjungi website dari kemendesa.go.id. Bila Kamu berhasil mengakses situs tersebut maka dipersilahkan untuk melanjutkannya dengan memilih pencarian data desa. Pilihlah nama desa yang diinginkan.
  • Kemudian, ketik juga nama desa pada kolom yang sudah tersedia dan selanjutnya silahkan ketuk enter. Berikutnya, akan muncul nama desa, tepatnya pada bagian menu, silahkan klik langsung Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.
  • Selanjutnya, bila sudah berhasil nantinya akan terlihat daftar penerima BLT Dana Desa tepatnya di halaman tersebut. Jadi Kamu hanya tinggal menunggu dana tersebut cair saja.

Bagi kamu yang masih bingung bisa langsung tanyakan ke perangkat Desa terlebih dahulu, agar tidak ada kesalahan. Itu saja informasi terkait cara cek BLT dana desa online yang benar. Semoga informasi yang telah disampaikan bisa memberikan manfaat ilmu dan menambah wawasan.

Komentar