2 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk Windows 10, Ngopitekno.com – Apakah kamu pernah mengalami kejadian yang menjengkelkan di mana file-file penting tiba-tiba menghilang dari flashdisk Windows 10? Tentu saja, ini bisa menjadi momen yang sangat mengecewakan dan membuat stres.

Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan berikan tutorial bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.

Salah satu penyebab utama kehilangan file di flashdisk Windows 10 adalah serangan virus atau malware. Flashdisk sebagai tempat untuk menyimpan data secara portable, dapat dengan mudah menyusup ke dalam flashdisk melalui file yang terinfeksi atau melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer kamu.

Begitu virus masuk, mereka dapat menghapus atau merusak file-file penting tanpa sepengetahuan kamu. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga keamanan flashdisk kamu dengan menggunakan program antivirus yang terpercaya.

Selain serangan virus, human error juga dapat menjadi penyebab umum kehilangan file di flashdisk Windows 10.

Misalnya, Anda mungkin secara tidak sengaja menghapus file yang sebenarnya masih diperlukan atau melakukan tindakan yang tidak disengaja saat memindahkan atau menyalin file.

Terkadang, human error ini tidak dapat dihindari.

Selain itu, masalah teknis juga dapat menyebabkan file terhapus di flashdisk Windows 10. Misalnya, flashdisk yang rusak atau korup dapat menyebabkan file hilang atau tidak dapat diakses.

Selain itu, listrik padam secara tiba-tiba atau pemutusan flashdisk saat sedang mentransfer file juga dapat menyebabkan kehilangan data.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan flashdisk kamu dalam kondisi baik dan selalu melakukan proses transfer file dengan hati-hati.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk Windows 10

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk pada Windows 10 dapat dilakukan dengan beberapa metode yang mudah dan efektif.

1. Menggunakan Aplikasi File Recovery

Untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, terdapat beberapa pilihan aplikasi yang ringan dan mudah digunakan pada laptop atau komputer Windows 10.

Berikut ini adalah beberapa pilihan aplikasi yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut:

1. Recuva – Aplikasi ini merupakan salah satu yang paling populer dan mudah digunakan. Recuva dapat mengembalikan file yang terhapus baik dari flashdisk maupun hard disk.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur pemindaian yang cepat dan mendalam untuk memaksimalkan kemungkinan pemulihan data.

cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk windows 10  dengan aplikasi

Untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan Recuva, berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka situs web Recuva.
  2. Klik tautan CCleaner.com untuk memulai proses download.
  3. Buka file rcsetupxxx.exe untuk memulai instalasi
  4. Pilih opsi “Tidak, terima kasih, saya tidak memerlukan CCleaner” jika kamu tidak memerlukan cc cleaner turut di install.
cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk dengan recuva

5. Klik tombol Instal.

Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus dengan Menggunakan Recuva Gunakan langkah-langkah berikut untuk mengembalikan file yang terhapus pada penyimpanan eksternal atau internal menggunakan Recuva:

  1. Buka Recuva.
  2. Klik tombol Next.
  3. Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan. (Jika Anda tidak tahu, pilih opsi Semua File.)
  4. Klik tombol Next.
  5. Pilih drive file yang terhapus, dalam hal ini flashdisk. Recuva dapat memindai dan menemukan file yang terhapus pada hampir semua jenis drive, termasuk hard drive, Solid-State Drives (SSD), USB flash drive, hard drive eksternal, kartu SD, dan lainnya. Untuk panduan ini, pilih Pada lokasi tertentu, lalu pilih lokasi USB flash drive.
  6. Klik tombol Next.
  7. (Opsional) Centang opsi Pemindaian Mendalam jika pemindaian pertama tidak berhasil.
  8. Klik tombol Start.
  9. Pilih file yang terhapus yang ingin kamu pulihkan atau restore.
  10. Klik tombol Restore.
  11. Pilih lokasi untuk memulihkan file. (Disarankan untuk menggunakan drive alternatif untuk memulihkan data Anda.)
  12. Klik tombol OK.
  13. Klik tombol OK lagi. Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda dapat memulihkan lebih banyak file, atau Anda dapat menutup aplikasi untuk menyelesaikan tugas.

2. EaseUS Data Recovery Wizard – Aplikasi ini juga sangat populer dan memiliki antarmuka yang intuitif. EaseUS Data Recovery Wizard dapat mengembalikan berbagai versi file yang terhapus dari berbagai jenis media penyimpanan, termasuk flashdisk.

Aplikasi ini juga memiliki fitur “deep scan” untuk memulihkan data yang hilang.

3. MiniTool Power Data Recovery – Aplikasi ini juga merupakan pilihan yang baik untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. MiniTool Power Data Recovery dapat memulihkan data dari flashdisk yang terformat, rusak, atau terhapus. Aplikasi ini juga memiliki fitur deep scan yang cepat.

4. Disk Drill – Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Disk Drill dapat mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan cepat dan efektif. Aplikasi ini juga memiliki fitur pemindaian yang mendalam untuk recover data yang hilang.

5. PhotoRec – Aplikasi ini lebih fokus pada pemulihan file gambar dan video yang terhapus. PhotoRec dapat mengembalikan file yang terhapus dari flashdisk dengan baik. Aplikasi ini juga dapat memulihkan data dari berbagai jenis media penyimpanan lainnya.

Semua aplikasi tersebut sangat gampang digunakan untuk mengatasi masalah hilangnya atau terhapusnya file pada flashdisk.

Kamu tinggal download aplikasinya memasangkannya pada laptop ataupun komputer kamu.

Pada dasarnya, semua aplikasi diatas yang telah kami sebutkan memilki banyak persamaan dalam penggunaan.

Pastikan flashdisk yang ingin kamu restore filenya sudah terhubung dan terdetect pada PC ataupun laptopmu.

Kemudian biarkan aplikasi tersebut melakukan scanning secara menyeluruh. Setelah selesai melakukan scanning terhadap flashdiskmu, kamu akan di perlihatkan data-data yang pernah tersimpan pada flashdisk tersebut.

Kemudian kamu bisa melakukan restore atau pengembalian data yang pernah hilang tersebut. Aplikasi yang kami sebutkan memiliki perbedaan dalam waktu menyelesaikan tugasnya saja. Ada yang cepat adan ada juga yang lambat.

Tergantung ukuran flashdisk dan file yang ingin dikembalikan. Caranya cukup mudah dan gampang. Tapi kalau masih ragu, banyak tersedia video tutorialnya. Kamu bisa menjadikannya referensi apa bila masih ragu-ragu.

Itulah beberapa pilihan aplikasi yang ringan dan mudah digunakan pada laptop atau komputer Windows 10 untuk mengembalikan file yang terhapus. Anda dapat memilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

2. Menggunakan Fitur Pemulihan Sistem yang disediakan oleh Windows.

Windows 10 sendiri sudah menyediakan fitur recovery sistem yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah Anda dalam mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Sambungkan flashdisk yang ingin Anda pulihkan ke komputer atau laptop.
  • Buka “Control Panel” dan klik “System and Maintenance”.
  • Pilih “Backup and Restore”.
  • Pilih “Restore My Files” untuk memulai proses pemulihan.
  • Cari file yang ingin Anda pulihkan dan pilih lokasi penyimpanan untuk file yang dipulihkan.
  • Tunggu hingga proses pemulihan selesai dan periksa file yang telah dipulihkan pada lokasi penyimpanan yang telah ditentukan.

Menggunakan Command Prompt

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang perintah CMD (Command Prompt), Anda juga dapat menggunakan perintah ini untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Berikut adalah langkah-langkahnya :

Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk dengan cmd
  • Hubungkan flashdisk yang ingin Anda pulihkan ke komputer atau laptop.
  • Buka “Command Prompt” dengan cara klik tombol “Windows + R” dan ketik “cmd” di kotak dialog yang muncul. Pastikan run as administrator,
  • Ketik perintah “chkdsk [drive letter]: /f” (misalnya chkdsk E: /f) ketik “Y” dan tekan Enter di command prompt. Perintah ini akan memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada flashdisk.
  • Setelah proses selesai, ketik perintah “attrib -h -r -s /s /d [drive letter]:\*.*” (misalnya attrib -h -r -s /s /d E:\*.*). Perintah ini akan mengembalikan atribut file yang tersembunyi, dihapus, atau sistem pada flashdisk.
  • Tunggu hingga proses selesai dan periksa file yang telah dipulihkan pada flashdisk.

Gimana? caranya gampangkan? Kamu bisa pilih salah satu cara atau metode yang kamu suka. Tapi kalau gk mau repot-repot kamu bisa menggunakan aplikasi agar lebih mudah. Ukuran aplikasinya tidak terlalu besar.

Dengan mengikuti salah satu metode di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus di flashdisk Windows 10. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan menyimpan file yang telah dipulihkan pada tempat yang aman.

Komentar