Cara Non Aktifkan Firewall di Windows 11, 10, 8, dan 7

Ngopitekno- (Non aktifkan firewall di windows) Apakah kamu pernah mengalami kendala saat menggunakan komputer atau laptopmu yang terkait dengan Windows Firewall?

Jika ya, jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Firewall pada sistem operasi Windows memang memiliki peran penting dalam melindungi perangkat dari virus dan malware, namun terkadang fitur ini juga dapat mengganggu kinerja aplikasi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa metode untuk mengatur firewall di Windows 11, 10, 8, dan 7 agar sesuai dengan kebutuhanmu.

Mematikan Firewall Windows untuk Semua Aplikasi:

Untuk mematikan firewall di Windows dan memberikan akses yang lebih luas kepada semua aplikasi, langkah-langkah berikut dapat kamu ikuti:

1. Buka Control Panel. Dengan cara klik Menu Start, kemudian pilih Control Panel. Kamu juga dapat mencarinya melalui kotak pencarian dengan mengetikkan control panel.

open control panel via start menu
open control panel via start menu

2. Buka Menu Windows Firewall. Setelah masuk ke Control Panel, temukan dan klik menu System and Security > Windows Firewall. Ini akan membuka pengaturan firewall di Windows yang sedang kamu gunakan.

3. Buka Pengaturan Firewall: Di jendela Windows Defender Firewall, klik menu Turn Windows Defender Firewall on or off yang terletak di sidebar sebelah kiri.

4. Matikan Firewall di Windows. Klik opsi Turn off Windows Defender Firewall (not Recommended) untuk mematikannya.

5. Simpan Pengaturan: Terakhir, jangan lupa menyimpan pengaturan firewall dengan menekan tombol OK.

Catatan:

Coba jalankan aplikasi yang sempat bermasalah dengan firewall, sangat disarankan untuk mengaktifkan kembali firewall dengan mengikuti langkah-langkah yang sama, tetapi memilih opsi Turn on Windows Defender Firewall pada Public network settings.

Mematikan Firewall untuk Aplikasi Tertentu

1. Buka Control Panel: Seperti sebelumnya, buka Control Panel melalui Menu Start atau kotak pencarian.

2. Buka Menu Windows Firewall: Pada Control Panel, pilih menu System and Security > Windows Firewall.

3. Buka Pengaturan Allow an app or feature through Windows Firewall: Klik menu Allow an app or feature through Windows Firewall yang terletak di panel sebelah kiri.

4. Ubah Pengaturan: Klik Change Settings.

5. Izinkan Aplikasi Melewati Firewall: Pada kotak Allowed apps and features, centang nama aplikasi yang ingin kamu izinkan melewati firewall. Jika aplikasi yang diinginkan tidak ada dalam daftar, kamu dapat menambahkannya secara manual dengan mengklik Allow another app > Browse > Add.

6. Simpan Pengaturan: Klik OK untuk menyimpan pengaturan yang telah diubah.

Catatan:

Penting untuk tetap selektif dalam memberikan izin pada aplikasi tertentu agar keamanan komputer atau laptop tetap terjaga.

Non Aktifkan Firewall di Windows dengan Command Prompt:

Selain melalui Control Panel, kamu juga dapat mematikan firewall Windows dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Start Menu: Klik tombol Start, dan ketik “cmd” pada kotak pencarian. Kemudian, klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as Administrator.

2. Ketikkan Perintah: Di jendela Command Prompt yang terbuka, ketik perintah berikut untuk mematikan firewall > netsh advfirewall set allprofiles state off
Tekan Enter untuk menjalankan perintah tersebut.

3. Verifikasi: Jika berhasil, pesan “OK” akan muncul sebagai konfirmasi.

4. Mengaktifkan Kembali Firewall: Jika ingin mengaktifkan firewall kembali, kamu dapat memasukkan perintah berikut > netsh advfirewall set allprofiles state on
Tekan Enter untuk menjalankan perintah tersebut.

Artikel Terkait  Cara Mengetahui Merk Ram Laptop dan Desktop Komputer

Kesimpulan :

Mematikan Windows Firewall adalah tindakan yang berpotensi beresiko bagi keamanan komputer atau laptopmu. Oleh karena itu, sebaiknya hanya menonaktifkannya secara sementara ketika diperlukan.

Demikian langkah dan cara untuk mematikan firewall Windows 11, 10, 8, dan 7. Kami harap sobat dapat mengikuti panduan diatas dan berhasil menjadi solusi bagi sobat tekno sekalian.

Jika kamu mengalami kesulitan saat mengikuti tutorial di atas, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Komentar