Perbedaan RAM dan ROM? Kegunaan, dan Cara Kerjanya

Apa sih sebenarnya perbedaan RAM dan ROM? Apa fungsi dari RAM, apa fungsi dari ROM? Apa kepanjangan dari RAM, apa kepanjangan dari ROM?

Atas berbagai pertanyaan itu, kali ini kami sempatkan untuk membahasnya. Sebagai blog yang mengulas semua yang berkaitan dengan teknologi, tutorial dan dunia komputer, maka pembahasan ini wajib untuk ditulis.

Yuk, langsung kita bahas!

Perbedaan RAM dan ROM

Pertama mari kita bahas terlebih dahulu perbedaan antara RAM dan ROM dari arti bahasa.

RAM adalah singkatan dari (Random Access memory)

ROM adalah singkatan dari (Read-Only Memory)

Tidak hanya berbeda dari arti kata, masih banyak lagi perbedaan dari fungsi, dan juga karakternya.

1. Perbedaan RAM dan ROM Akses Data

  • RAM memiliki akses yang cepat, karena CPU dapat mengakses data di RAM dari mana saja tanpa harus mengikuti urutan tertentu.
  • ROM memiliki akses yang lambat, karena data di ROM harus dibaca secara berurutan.

2. Perbedaan Fungsi RAM dan ROM

  • RAM digunakan untuk menyimpan data yang sedang digunakan oleh CPU, seperti data aplikasi yang sedang berjalan, data sistem operasi, dan data sementara. Data yang disimpan di RAM akan hilang jika perangkat dimatikan.
  • ROM digunakan untuk menyimpan data yang diperlukan saat proses booting atau startup, seperti firmware dan sistem operasi dasar. Data yang disimpan di ROM tidak akan hilang jika perangkat dimatikan.

Contoh :

  • RAM digunakan untuk menyimpan data aplikasi yang sedang berjalan, seperti data web yang sedang ditampilkan di browser.
  • ROM digunakan untuk menyimpan firmware, seperti BIOS dan UEFI, dan sistem operasi dasar.

Berikut adalah tabel perbandingan RAM dan ROM dari segi fungsi :

RAMROM
FungsiMenyimpan data yang sedang digunakan oleh CPUMenyimpan data yang diperlukan saat proses booting atau startup
DataHilang jika perangkat dimatikanTidak hilang jika perangkat dimatikan
ContohData aplikasi yang sedang berjalan, data sistem operasi, dan data sementaraFirmware, sistem operasi dasar

3. Perbedan Kapasitas RAM dan ROM

  • RAM memiliki kapasitas yang lebih kecil daripada ROM karena RAM digunakan untuk menyimpan data yang sedang digunakan oleh CPU. Data yang disimpan di RAM akan hilang jika perangkat dimatikan. Oleh karena itu, RAM hanya perlu menyimpan data yang sering digunakan oleh CPU.
  • ROM memiliki kapasitas yang lebih besar daripada RAM karena ROM digunakan untuk menyimpan data yang diperlukan saat proses booting atau startup. Data yang disimpan di ROM tidak akan hilang jika perangkat dimatikan. Oleh karena itu, ROM perlu menyimpan data yang lebih penting dan tidak akan berubah.

Tabel perbandingan kapasitas RAM dan ROM berdasarkan perangkat populer yang ada :

KapasitasRAMROM
Minimum2 GB2 GB
Maksimum128 GB/256GB1 TB

4. Perbedaan Jenis RAM dan ROM

Jenis-jenis RAM

  • DRAM (Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan. Data di DRAM disimpan dalam bentuk bit yang dapat diubah. DRAM memiliki kecepatan yang tinggi, tetapi memiliki konsumsi daya yang besar.
  • SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada DRAM. Data di SRAM disimpan dalam bentuk bit yang tidak dapat diubah. SRAM memiliki konsumsi daya yang lebih rendah daripada DRAM, tetapi memiliki kapasitas yang lebih kecil.

Jenis-jenis ROM

  • Mask ROM adalah jenis ROM yang datanya telah diprogram pada saat pembuatannya. Mask ROM tidak dapat diubah atau dihapus.
  • PROM (Programmable Read Only Memory) adalah jenis ROM yang datanya dapat diprogram satu kali. PROM dapat diprogram menggunakan perangkat khusus.
  • EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) adalah jenis ROM yang datanya dapat dihapus menggunakan sinar ultraviolet. EPROM dapat diprogram ulang menggunakan perangkat khusus.
  • EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) adalah jenis ROM yang datanya dapat dihapus secara elektrik. EEPROM dapat diprogram ulang menggunakan komputer.
  • Flash ROM adalah jenis ROM yang dapat diprogram ulang secara elektrik. flash ROM memiliki kecepatan yang lebih cepat daripada EEPROM.
perbedaan ram dan rom dari jenisnya

5. Pebedaan RAM dan ROM Berdasarkan Data Yang Disimpan di Dalamnya

Berikut adalah tabel perbedaan RAM dan ROM berdasarkan data yang disimpan di dalamnya :

perbedaan ram dan rom 2

6. Perbedaan RAM dan ROM secaran fisik

Berikut adalah ilustrasi yang menggambarkan perbedaan RAM dan ROM secara fisik

perbedaan RAM dan ROM secara fisik

Jadi sudah paham kan, apa perbedaan RAM dan ROM. Demikianlah artikel ini kami tulis untuk para pembaca setia Ngopitekno. Jadi kalau ada teman atau kerabat yang menanyakan apa itu ram? ataupun ram adalah singkatan dari? kamu bisa menjawabnya.

Atau kalau gk mau ribet, suruh datang saja ke blog kami ini ya?!

Komentar