Cara Mengatasi Steam Tidak Bisa Dibuka

Ngopitekno – Kenapa Steam Tidak Bisa Dibuka? Pertanyaan yang sering muncul di benak kamu para maniak game ketika menghadapi masalah dalam membuka aplikasi Steam. Steam sebagai platform gaming yang sangat populer, namun tidak jarang pengguna mengalami masalah ketika ingin membuka aplikasi ini.

Kendala ini bisa sangat mengganggu, terutama jika kita ingin menjalankan game favorit kita. Lalu, apa sebenarnya penyebab dari masalah ini? Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan Steam tidak dapat dibuka.

Jadi, jika kamu mengalami masalah ini, jangan khawatir! Kali ini, ngopitekno akan memberikan solusi yang dapat membantu kamu yang sudah ngebet banget pengen maen game di Steam.

Kenapa Steam Tidak Bisa Dibuka ?

Setelah kamu mendaftar dan membuat akun steam, tiba-tiba kamu tidak bisa login karena aplikasi Steam kamu bermasalah. Sabar sob, sebelum kamu buru-buru install ulang PC kamu, ada baiknya kamu harus tau beberapa faktor yang menjadi penyebab Steam kamu bermasalah :

1. File system sistem error

Salah satu penyebab umum mengapa Steam tidak bisa dibuka adalah adanya kesalahan pada file sistem. Ini bisa terjadi karena file-file yang terkait dengan Steam rusak atau hilang. Jika ini terjadi, kamu perlu memperbaiki file sistem atau menginstal ulang Steam.

2. Aplikasi Steam error

Terkadang, Steam sendiri mengalami masalah internal yang membuatnya tidak bisa dibuka. Hal ini bisa terjadi karena adanya bug atau kesalahan dalam pembaruan terbaru. Dalam hal ini, kamu bisa mencoba menghapus dan menginstal ulang aplikasi Steam untuk memperbaikinya.

3. Server Steam down

Kadang-kadang, Steam mengalami masalah pada servernya yang membuat pengguna tidak dapat mengakses aplikasi. Jika server Steam sedang down, kamu hanya perlu bersabar dan menunggu hingga servernya kembali online.

4. Pengaturan tanggal & waktu yang salah

Pengaturan tanggal dan waktu yang tidak akurat pada perangkat atau PC kamu juga dapat mempengaruhi kemampuan Steam untuk dibuka. Pastikan tanggal dan waktu pada perangkatmu sudah benar dan sesuai dengan zona waktumu sob.

Artikel Terkait  Cara Menambah Font di Canva 

5. Cache Steam menumpuk

Cache yang menumpuk pada aplikasi Steam juga bisa menjadi penyebab masalah. Cache yang terlalu banyak dapat memperlambat kinerja aplikasi dan bahkan membuatnya crash. Bersihkan cache Steam untuk memperbaiki masalah ini.

6. Jaringan internet bermasalah

Pastikan koneksi internet kamu gak lemot ya sob, karena koneksi wifi tetangga yang kamu gunakan mungkin nggak stabil atau lemah membuat Steam tidak bisa dibuka. Pastikan kamu pakai wifi sendiri yang kenceng dan stabil :).

7. OS dan Driver

Nah ini… bisa jadi salah satu penyebab akun steam kamu tidak bisa dibuka sob. Pastikan sistem operasi, driver VGA sudah di update agar kompatibel atau cocok dengan aplikasi Steam. Kalau semua sudah cucok pasti singkron kan ?!

8. Masalah dengan akun Steam

Bisa jadi masalah terjadi pada akun kamu sob, ada yang report sehingga terbanned. Atau bisa jadi lupa password, di hack sama temen, pastikan dulu sob agar lebih gampang kita untuk menemukan solusinya.

Apabila kamu tidak mengalami satupun masalah diatas, skip aja. Langsung kita kasi lagi langkah solutif lainnya.

Cara Mengatasi Steam Tidak Bisa Dibuka

Cape bacanya? Dikit lagi nih, baca terus biar bisa maen steam. Berikut beberapa langkah lanjutan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi akun steam bermasalah : 

1. Restart PC

Coba restart PC kamu dulu sob, caranya gk perlu lagi kita jelaskan ya? Solanya tinggal pencet-pencet tombol doank. 

2. Akhiri Proses Steam Menggunakan Windows Task Manager

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah Steam yang tidak bisa dibuka adalah dengan mengakhiri proses Steam menggunakan Windows Task Manager. Proses ini berguna untuk memastikan bahwa tidak ada proses yang masih berjalan di latar belakang yang dapat mengganggu kinerja Steam.

Akhiri Proses Steam Menggunakan Windows Task Manager

Untuk mengakhiri proses Steam menggunakan Windows Task Manager, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Windows Task Manager dengan menekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” secara bersamaan.
  2. Pilih tab “Proses” atau “Processes” di jendela Task Manager.
  3. Cari proses yang terkait dengan Steam. Biasanya namanya adalah “Steam.exe” atau “Steam Client Bootstrapper”.
  4. Klik kanan pada proses tersebut, lalu pilih opsi “Akhiri Tugas” atau “End Task”.

3. Periksa Apakah Steam Down

Selanjutnya, periksa juga status server Steam. Kadang-kadang Steam mengalami gangguan atau maintenance, sehingga tidak dapat diakses. Kamu dapat memeriksa status server Steam melalui situs web resmi Steam atau melalui forum komunitas Steam atau juga SteamDb.

Artikel Terkait  Download dan Install GCAM Redmi Note 9

Terdapat status dan informasi game yang terdapat pada Steam server.

steamdb

4. Gunakan Tanggal & Waktu yang Tepat

Pastikan juga hal yang satu ini, tanggal dan waktu yang sinkron sesuai dengan zona waktu ente sob. Karena apabila tidak sinkron, maka steam akan menolak koneksi dengan perangkat kamu.

5. Hapus dan Bersihkan Cache Steam

Cara Bersihkan Cache Steam
  1. Pastikan Steam sudah ditutup sepenuhnya. Kamu dapat memeriksa di task manager untuk memastikan tidak ada proses Steam yang berjalan.
  2. Setelah itu, buka File Explorer dan masuk ke direktori instalasi Steam. Biasanya, direktori ini berada di “C:\Program Files (x86)\Steam” atau “C:\Program Files\Steam”.
  3. Di dalam direktori Steam, cari folder bernama “appcache” dan buka folder tersebut.
  4. Di dalam folder “appcache”, kamu akan menemukan beberapa file dan folder. Hapus semua file dan folder yang ada di dalamnya. Kamu dapat menekan tombol “Ctrl + A” untuk memilih semua file dan folder, lalu tekan tombol “Delete” untuk menghapusnya.
  5. Setelah semua file dan folder di dalam folder “appcache” dihapus, tutup File Explorer.
  6. 6. Selanjutnya, buka kembali Steam dan coba untuk membuka aplikasinya. Cache Steam sudah dihapus bersih, sehingga seharusnya kamu dapat membuka Steam tanpa masalah.

Dengan menghapus cache Steam secara berkala, kamu dapat memastikan bahwa aplikasi berjalan dengan lancar dan tidak terjadi masalah yang disebabkan oleh cache yang menumpuk. Selamat mencoba!

6. Matikan Antivirus (Jika Ada)

Ada beberapa kasus yang kami temui adanya konflik antara antivirus dengan steam. Auto downloader ataupun auto update pada Steam dianggap berbahaya oleh beberapa antivirus karena menggunakan background process, sehingga antivirus memblokir aktivitas tersebut.

Jadi langkah ini perlu juga kamu lakukan. Coba disable sementara antivirus yang ada pada PC kamu.

Artikel Terkait  Langkah Mudah Cara Membuat Power Point di Canva

7. Restart Jaringan Internet

Ada juga kami temui yang bermasalah pada point ini. Ketika menggunakan modem dari provider lokal, setelah melakukan restart modem beberapa kali dalam kurun waktu 5 menit, kami bisa mengatasi masalah ini. Tidak ada salahnya untuk dicoba Sob!

6. Gunakan VPN atau DNS Resolver

Bagian ini juga menjadi penting untuk diperhatikan, kita yang regional Indonesia (SEA) terkadang bisa kena Ban IP. Jadi coba gunakan VPN ataupun DNS resolver untuk mengatasinya.

DNS Resolver Steam

7. Repair Aplikasi Steam

Kamu juga bisa melakukan salah satu cara untuk repair aplikasi steam dengan metode berikut :

  1. Buka “start menu”, kemudian ketikkan “Run”
  2. Kemudian akan muncul dialog box
  3. Ketikkan perintah berikut “C:\Program Files (x86)\Steam\bin\SteamService.exe /repair”
repair steam

8. Instal Ulang Steam

Apabila langkah-langkah diatas juga belum bisa memberikan solusi bagi kamu sob. Yah mau gk mau kamu install ulang aja aplikasi Steam yang sudah terinstall pada PC kamu.

Pastikan kamu uninstall dulu aplikasinya, kemudian download ulang installernya dari web resmi. Bisa jadi file yang sudah terinstall pada PC kamu rusak/corrupt atau terkena virus.

Kesimpulan

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, diharapkan kamu dapat mengatasi masalah Steam yang tidak bisa dibuka. Jika masih mengalami kendala, kamu juga bisa mencari bantuan lebih lanjut melalui forum atau situs resmi Steam.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Komentar