Tips Gpedit Windows untuk Pemula

Jika Anda pengguna Windows, baik itu windows 7, windows 8, windows 9 ataupun windows 10 dan 11. Anda mungkin akrab dengan fitur dapat microsoft yang bernama Group Policy Editor (gpedit). Kita mengenalnya dengan singkatan “Gpedit”.

Fitur ini selain praktis juga canggih dan kompleks untuk pemula yang baru mengenal PC/laptop. fitur ini memungkinkan Anda melakukan perubahan dan modifikasi pada pengaturan dan konfigurasi komputer Anda.

Policy editor ini (gpedit) diperuntukkan untuk pengguna advance. Yang mana banyak konfigurasi advance yang ada pada editor tersebut.

Dalam postingan blog ini, kami akan memberikan beberapa tips kepada pemula tentang cara menggunakan gpedit.

Akan Kami jelaskan dan tunjukkan beberapa cara aman untuk melakukan modifikasi gpedit untuk membuat perubahan yang dapat meningkatkan pengalaman komputasi Anda.

Apa itu gpedit Windows?

Apa yang Fungsi dari Gpedit

Tips Gpedit Windows untuk Pemula

Gpedit adalah fitur default/bawaan windows yang memungkinkan Anda membuat perubahan atau modifikasi pada konfigurasi komputer untuk mendapatkan hasil/pengalaman yang anda inginkan.

Modifikasi yang dimaksud bertujuan untuk mempercepat kinerja, dan merubah beberapa penampilan desktop. Mengedit file start-up windows, menghilangkan background process windows yang menguras performa, dan banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan gpedit. Asal anda mengetahui beberapa konsep dasarnya.

Dengan gpedit, Anda dapat mengontrol cara komputer Anda beroperasi dan menyesuaikan tampilannya. Misalnya, Anda dapat menggunakan gpedit untuk mengubah cara memulai komputer, atau menambah atau menghapus program dari komputer.

Anda juga dapat menggunakan gpedit untuk mengubah tampilan dan nuansa Windows, seperti dengan mengubah latar belakang desktop atau ukuran font.

Singkatnya, gpedit menyediakan cara alternatif bagi Anda untuk menyesuaikan komputer agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Artikel Terkait  4+ Cara Menonaktifkan Auto Update Windows 10

Tips Gpedit – Bagaimana cara membuka gpedit?

Membuka gpedit dengan cara mudah

Gpedit adalah fitur canggih yang dapat digunakan untuk mengubah banyak pengaturan di komputer Windows Anda. Mulai dari windows 7, windows 8, windows 10 dan sampai yang terbaru juga memiliki fitur ini.

Untuk menggunakannya, Anda harus membukanya terlebih dahulu. Jika gpedit tidak bisa dibuka, pastikan kamu tidak menggunakan Windows Home Edition.

Ada beberapa cara untuk membuka editor ini, tetapi yang paling mudah adalah dengan menggunakan Run command.

Berikut beberapa cara untuk membuka editor gpedit :

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda. Kemudian akan muncul kotak dialog

    Run/Jalankan. Di kotak dialog, ketik “gpedit.msc” lalu klik OK.

start menu > Run > Kemudian pilih Run
Ketikkan gpedit.msc pada run dialog

Jendela gpedit akan muncul pada tampilan layar anda. Dari sini, Anda dapat melakukan perubahan dan modifikasi yang anda inginkan pada komputer Anda.

Membuat perubahan pada komputer Anda dengan gpedit

Setelah tampilan gpedit.msc terbuka, disini anda bisa melakukan modifikasi pada beberapa bagian yang ingin anda ubah. Pada bagian ini diperlukan kehati-hatian untuk tidak sembarangan melakukan modifikasi jika anda baru pertama kali menggunakan fitur ini. Ada baiknya anda melakukan back-up sebelum melakukan beberapa perubahan pada konfigurasi gpedit.msc.

Perubahan yang tidak sesuai bisa mengakibatkan PC/Laptop anda malfunction, blue screen, dll

Menonaktifkan Windows Firewall dengan Gpedit.

Setelah Anda membuka Group Policy Editor, Anda bisa mulai melakukan perubahan pada konfigurasi komputer Anda. Misalnya, Anda ingin menonaktifkan Windows Firewall. Berikut cara dan langkahnya :

Untuk melakukan ini, cukup navigasikan ke jalur berikut:

Computer Configuration \ Administrative Templates \ Network \ Network Connections \ Windows Firewall \ Domain Profile.

Kemudian, klik dua kali pada pengaturan “Windows Firewall: Lindungi semua koneksi jaringan” atau “Windows Defender Firewall : Protect all network connections” dan pilih “Nonaktif.” Setelah Anda melakukan perubahan, klik “OK” dan kemudian tutup Editor Kebijakan Grup. Perubahan Anda akan segera berlaku.

Cara yang diatas sudah kami praktekkan pada perangkat PC kami dengan windows 10 Home edition. Apabila anda menemukan sedikit perbedaan pada bahasa, ini dikarenakan kami menggunakan bahasa Inggris sebagai default bahasa pada windows kami.

Gampang bukan? Seperti yang Anda lihat, gpedit adalah alat yang simple dan sederhana yang memungkinkan Anda bisa melakukan banyak perubahan pada pengaturan komputer Anda.

Masih banyak perubahan yang bisa anda lakukan dengan editor gpedit ini. Namun untuk perkenalan awal, konfigurasi di atas adalah konfig yang dasar dan gampang.

Berikutnya kami akan ulas beberapa perubahan yang advance untuk anda. Jadi pastikan tetap update dengan artikel dari ngopitekno.

Kami harap panduan ini bermanfaat bagi anda.

Komentar